Gempur Covid-19, Militer Iran Kerahkan 80,000 Pasukan

0
752

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Darat (AD) Iran menyatakan pihaknya  telah menugaskan lebih dari 80.000 pasukannya untuk membantu pemerintah dalam perang melawan wabah virus corona (Covid-19).

“Angkatan Darat turun tangan di lokasi konfrontasi melawan epidemi virus corona dengan lebih dari 80.000 pasukan dan bertindak ofensif di bidang pengendalian virus,” ungkap Panglima Angkatan Darat Iran Kiomars Heidari kepada para perwira dan personel Angkatan Darat di kota Shahroud di bagian timur laut Iran, Selasa (28/4/2020).

Dia menambahkan bahwa AD Iran mendapat kepercayaan untuk melakukan skrining infeksi virus corona di tengah masyarakat di empat provinsi di Iran yang mencakup 214 kota besar dan kecil.

Jenderal Heidari mengatakan bahwa AD telah mendirikan kamp-kamp, pos-pos pemeriksaan, dan markas-markas perang melawan virus corona serta mendesinfeksi jalanan dan tempat-tempat umum lainnya.

Pekan lalu, Wakil Komandan Angkatan Darat Iran untuk Koordinasi Laksamana Muda Habibollah Sayyari menyatakan sebanyak 11.000 staf medis AD membantu kementerian kesehatan dalam pemberantasan virus COVID-19.

Baca: Mandiri dan Siap Ekspor Peralatan Anti-Corona, Iran Gusarkan Musuh

“Menyusul instruksi dari Pemimpin Besar Revolusi Islam (Ayatullah Khamenei), AD mengerahkan total 38 rumah sakit, 800 klinik dan 11.000 tenaga medis, mereka membantu upaya pengendalian virus corona,” tutur Sayyari.

Dia menambahkan bahwa AD juga menyiapkan 12.000 tempat tidur rumah sakit untuk merawat pasien yang mengalami proses pemulihan.

Baca: [VIDEO] Kondisi Iran Setelah Pencabutan Lockdown

Sayyari juga menyebutkan bahwa AD Iran juga telah melakukan latihan pertahanan biologis di 24 provinsi dan mendisinfeksi tempat-tempat umum di 100 kota. (mm/fna)

DISKUSI: