Erdogan Minta Putin Kendalikan Ladang Minyak di Suriah

0
320

Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku telah mengusulkan kepada sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, agar Rusia mengendalikan ladang-ladang minyak Suriah di Deir Ezzor daripada dikendalikan oleh “teroris”.

“Turki meminta kepada Presiden Vladimir Putin agar mengelola ladang-ladang minyak di Deir Ezzor daripada dikelola oleh para teroris,” ujar Erdogan, Selasa (10/3/2020).

Erdogan yang pekan lalu mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow menambahkan,  “Putin mempelajari tawaran khusus pengelolaan ladang-ladang Deir Ezzor ini, dan tawaran yang sama bisa jadi akan kami ajukan kepada (Presiden AS Donald) Trump.”

Baca: Assad: Opsi Militer di Idlib adalah Prioritas

Dia juga mengatakan bahwa anjloknya harga minyak “sangat menguntungkan” Turki dan neraca transaksi saat ini. Dia kemudian meminta kepada Presiden Dewan Uni Eropa agar menunaikan tanggungjawabnya, mengingat bahwa Turki “telah membayar mahal” untuk gencatan senjata di Idlib.

Baca: Gencatan Senjata Diberlakukan di Idlib Usai Pertemuan Putin dan Erdogan

Dia juga mengingatkan bahwa dunia memantau perkembangan situasi di Suriah dan bahwa beberapa keputusan yang diambil oleh Moskow dan Ankara mengenai Suriah sudah seharusnya meredakan ketegangan di Idlib. (mm/raialyoum)

DISKUSI: