Erdogan: Kekerasan Israel Mendapat Motivasi dari Sebagian Negara Arab

0
1

Istanbul, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding sebagian negara Arab telah memotivasi Rezim Zionis Israel dalam melakukan kekerasan terhadap orang-orang Palestina.

Seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu, Senin (9/12/2019), Erdogan dalam kata sambutan pada pertemuan para menteri sosial negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di kota Istanbul, Turki, mengatakan, “Kekerasan Israel mendapat motivasi dari Barat dan sebagian negara Arab.”

Erdogan tidak menyebutkan nama negara Arab tersebut, namun sudah diketahui publik bahwa Arab Saudi dan sebagian negara Arab sekutunya di pesisir Teluk Persia, terutama Bahrain dan Uni Emirat Arab, terlibat hubungan mesra secara diam-diam maupun terbuka dengan Israel.  Mereka juga secara lebih terbuka mempromosikan normalisasi hubungan diplomatik  Arab dengan Israel.

“Situasi di Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem) dan Palestina memburuk dari hari ke hari,” ungkap Erdogan.

baca: Iran: Kami akan Buat Israel Sesali Semua Agresinya

Dia mengingatkan, “Dunia Islam yang menutup diri karena berbagai faktor telah menyia-nyiakan kemampuan dan potensinya.”

Menurut Presiden Turki, Dunia Islam “yang menempati seperempat penduduk dunia tidak memiliki pengaruh yang setara dengan kapasitas kemampuan dan potensinya”.

Baca: Israel Mengancam Jadikan Suriah sebagai Vietnam bagi Iran

“Sering kali kami merasa sendirian ketika kami memrotes praktik penindasan terhadap Palestina dan Quds,” keluhnya.

Erdogan juga menegaskan, “Imperialis global terus melanjutkan politik pecah belah (devide et impera) terhadap negara-negara Islam.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: