Erdogan: Kabinet Taliban Tak Mewakili Seluruh Rakyat Afghanistan

0
278

Afghanistan and Turkey flag together realtions textile cloth fabric texture

NewYork, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa sejauh ini Taliban belum membentuk pemerintahan yang merepresentasikan semua elemen rakyat Afghanistan.

“Melihat metode Taliban sekarang ini, sayang sekali sejauh ini belum terbentuk pemerintahan inklusif yang meliputi semua kelompok Afghanistan. Dewasa ini ada beberapa isyarat dari Taliban untuk kemungkinan pembentukan kabinet inklusif di masa mendatang. Jika hal ini terjadi maka kami dapat duduk satu meja dengan Taliban dan berunding mengenai masa depan Afghanistan” ungkap Erdogan kepada wartawan di New York, AS, seperti dikutip situs berita Arabi21, Jumat (24/9).

Edogan juga menyebutkan bahwa Taliban sendiri memiliki banyak masalah internal, yang jika mereka dapat menyelesaikannya maka “Turki dapat menempuh langkah-langkahnya untuk masa depan Afghanistan”.

Mengenai kebijakan imigrasi Turki, dia mengatakan negara ini tidak akan membuka pintu bagi para pengungsi dan pencari suaka dari Afghanistan, dan AS pun tak sepatutnya mengimbau Turki untuk membuka pintu.

Rabu lalu Dubes Turki untuk Afghanistan di Kabul, Cihad Erginay, dan menteri luar negeri pemerintahan sementara Taliban, Amir Khan Muttaqi, mengadakan pertemuan mengenai hubungan bilateral antara Turki dan Afghanistan.

Dalam pertemuan ini Muttaqi meminta Turki merampung proyek-proyek setengah jalannya di Afghanistan, dan melanjutkan kerjasamanya dengan Afghanistan. (mm/tasnim)

Baca juga:

Syiah Hazara Ancam akan Melawan Taliban

Media Turki: Negara-Negara Arab Terpaksa Pulihkan Hubungan dengan Suriah

DISKUSI: