Dianggap Tak Bisa Berbuat Apapun, Kairo Sebut Ethiopia Memprovokasi Mesir

0
327

Kairo, LiputanIslam.com  – Menlu Mesir Sameh Shoukry menilai Ethiopia telah memprovokasi Mesir ketika salah seorang pejabat Ethiopia menyatakan bahwa Mesir tak akan dapat berbuat apapun terhadap Bendungan Renaissance yang dibangun oleh Ethiopia.

“Kami tahu persis apa hak bangsa Palestina dan bagaimana membelanya,” tegas Shoukry dalam wawancara telefon dengan salur MBC Mesir, Jumat (25/6).

Dia memperingatkan bahwa jika Mesir dirugikan maka negara ini tak akan kendur dalam membela haknya, dan Kairo sudah mengajukan permohonan kepada Dewan Keamanan PBB untuk penyenggaraan sidang yang membahas kemelut Bendungan Renaissance.

Hal tersebut dinyatakan Menlu Mesir sebagai tanggapan atas tindakan Ethiopia melakukan pengisian bendungan itu untuk tahap kedua.

Sebelumnya, Direktur Departemen Teknik Kementerian Pertahanan Ethiopia, Letjen Buta Bachata Debele, menyatakan negaranya siap menghadapi skenario penyelesaian masalah bendungan melalui cara militer. Dia juga menyatakan bahwa Mesir tak akan sanggup menghancurkan bendungan tersebut. (mm/rt)

Baca juga:

Jenderal Ethiopia Nyatakan Siap Perang demi Bendungan

DISKUSI: