Dewan Gubernur IAEA Gelar Sidang, Ini Peringatan Iran terhadapnya

0
20

Teheran, LiputanIslam.com  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyatakan Teheran akan memberikan tanggapan “proporsional” terhadap tindakan apapun terhadap program nuklir Iran yang akan diambil oleh Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)  yang sedang melangsungkan pertemuan.

“Kami tidak akan memberikan penilaian sebelumnya, tapi kami akan memberikan jawaban kami, sebanding dengan setiap tindakan yang diambil,” ujar Khatibzadeh dalam wawancara televisi, Senin (6/6), ketika ditanya mengenai kemungkinan adopsi resolusi anti-Iran dalam pertemuan Dewan Gubernur IAEA.

Dia menyayangkan Dirjen IAEA Rafael Grossi yang dalam presentasinya ke Parlemen Eropa telah mengeluarkan laporan “tergesa-gesa” tentang Iran.

Dia menilai laporan itu “tidak akurat” dan “mengabaikan semua tindakan dan tanggapan yang telah diberikan Iran dengan tepat dan secara teknis.”

Khatibzadeh menambahkan bahwa negaranya tidak menerima laporan IAEA maupun upaya Amerika Serikat (AS) dan tiga penandatangan Eropa pada kesepakatan tahun 2015 (Prancis, Inggris dan Jerman/E3) untuk mendorong resolusi anti-Iran di Dewan Gubernur “yang bertentangan dengan prinsip-prinsip diplomasi dan menyimpang dari perkembangan yang sedang berlangsung”.

Menurutnya, Iran tidak menganggap resolusi AS-E3 sebagai konstruktif, dan percaya bahwa resolusi itu akan berdampak buruk pada kerja sama Iran-IAEA serta negosiasi antara Teheran dan kelompok negara-negara P4+1 (Inggris, Prancis, Rusia dan China plus Jerman) yang bertujuan merevitalisasi kesepakatan tahun 2015, yang lazim disebut sebagai Rencana Aksi Komprehensif  Bersama (JCPOA).

Khatibzadeh mengingatkan bahwa pihak-pihak yang mensponsori resolusi demikian harus tahu bahwa Iran tidak akan menerimanya dan mendesak semua anggota dewan itu agar mewaspadai dan menolak terhadap iktikad buruk Israel.

Dalam kasus seperti itu, lanjutnya, “jendela yang telah dibuat Iran untuk diplomasi akan tetap terbuka.”

IAEA memulai pertemuan Dewan Gubernur reguler di Wina, Senin, dan masalah nuklir Iran dan kerjasama Teheran dengan badan tersebut diharapkan menjadi pusat perhatian.

Iran telah berulang kali memperingatkan bahwa jika badan tersebut menyimpang dari sifat teknisnya dan membuat keputusan politis terkait dengan program nuklir damai Iran, maka Teheran akan merespon dengan cara yang sama. (mm/presstv)

Baca juga:

TV Israel: Drone Iran Tak Kurang Bahayanya dari Nuklir Iran

Iran dan Arab Bersatu Kutuk Penghinaan Nabi Muhammad saw oleh Jubir Partai Penguasa India

DISKUSI: