Coba Dekati Area Latihan Perang, Sejumlah Pesawat AS Diusir Pasukan Iran

0
253

Teheran, LiputanIslam.com –  Di hari ketiga dan terakhir latihan militer Iran bersandi Zolfaqar 1400, Selasa (9/11), beberapa pesawat nirawak (drone) Amerika Serikat (AS) mencoba mendekati area latihan tersebut di kawasan Cabahar di tenggara Iran, namun segera mendapat peringatan dari pasukan Iran agar menjauh.

Dilaporkan Al-Alam  bahwa tentara Iran dari area latihan perang darat dan lautnya telah mendeteksi beberapa drone jenis MQ-9 dan RQ-4 milik AS dan kemudian memberi peringatan agar pesawat-pesawat itu menjauh.

Tanpa menyebutkan penjelasan lebih lanjut mengenai peristiwa itu, Al-Alam mengutip pernyataan jubir latihan militer Iran, Brigjen Mahmoud Mousavi, mengenai latihan itu sendiri.

“Di hari terakhir manuver Zolfaqar 1400 kita melihat parade kekuatan udara dengan partisipasi para komandan senior dan tamu,” ungkap Mousavi.

Dia menambahkan bahwa pada tahap latihan militer itu telah diperlihatkan berbagai jenis senjata Iran di darat dan laut, termasuk sistem-sistem pertahanan udara buatan dalam negeri, dan bahwa semua tujuan latihan ini telah tercapai.

“Pesan dari manuver ini ialah bahwa tentara Iran berada di kesiapan tingkat tertinggi,” lanjutnya.

Pada hari terakhir latihan militer tersebut Angkatan Bersenjata Iran telah mengasah kemampuan militernya dengan menjalankan beberapa skenario taktik ofensif dan defensif untuk melindungi perbatasan laut dan darat negara republik Islam ini.

Latihan perang ini juga diwarnai dengan ujicoba berbagai jenis sistem pertahanan udara, rudal dan torpedo. (mm/alalam)

Baca juga:

Rudal Jelajah Buatan Iran Hantam Target di Permukaan Laut dari Jarak Ratusan Kilometer

Iran Minta Jaminan AS Tak akan Keluar lagi dari Perjanjian Nuklir

DISKUSI: