Bus di Tepi Barat Diserang, Sejumlah Tentara Israel Terluka

0
125

Jenin, LiputanIslam.com  Sedikitnya enam tentara Israel dan seorang sopir terluka dalam peristiwa penembakan terhadap sebuah bus di Tepi Barat, kata otoritas militer dan petugas medis, Ahad (4/9).

Insiden itu di kawasan antara Jenin dan Nablus, dan Israel menyatakan dua tersangka pria bersenjata ditahan ketika mereka mencoba melarikan diri.

Jenin dan Nablus adalah dua kota Palestina ini yang kerap mendapat serangan militer Israel sejak beberapa bulan lalu.

Saksi mata mengatakan warga Palestina pengendara mobil menyalip bus, memberondongnya dengan peluru dan, ketika berhenti, mencoba membakarnya. TV Israel menayangkan rekaman sebuah mobil terbakar, yang sebutnya akibat ledakan bom molotov di dalamnya.

Belum ada pihak Palestina yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, namun seorang juru bicara Hamas memuji serangan itu sebagai “bukti bahwa semua upaya rezim pendudukan (Israel) untuk menghentikan operasi perlawanan yang meningkat di Tepi Barat telah gagal”.

Israel menduduki Tepi Barat, termasuk Quds Timur, dan telah membangun lebih dari 200 permukiman yang menampung lebih dari setengah juta pendatang Zionis.

Permukiman Israel di tanah Palestina ilegal di mata hukum internasional. Ekspansi pemukim juga merupakan hambatan bagi perdamaian dengan Palestina, yang menginginkan kawasan itu menjadi bagian dari negara masa depan mereka. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Pasukan Israel Tembak Mati Pria Palestina Usai Insiden Penikaman

290 Organisasi AS dan Dunia Tuntut Penghentian Bantuan AS kepada Israel

DISKUSI: