Bus di Quds Diserang Tembakan, Delapan Orang Israel Terluka

0
151

Quds LiputanIslam.com   Sedikitnya delapan orang terluka dengan kondisi dua di antaranya kritis akibat serangan tembakan di sebuah bus di Kota Lama Quds (Yerussalem), dan polisipun menangkap seorang tersangka pelaku serangan.

Serangan itu terjadi pada dini hari Ahad (14/8) ketika bus yang membawa orang Israel menunggu di tempat parkir dekat Tembok Barat, tempat doa suci orang Yahudi.

Polisi Israel mengaku telah menangkap pelaku serangan yang disebutnya seorang warga Palestina di Al-Quds Timur.

Di Twitter, polisi menyatakan bahwa penyerang menyerahkan diri kepada pasukannya setelah enam jam pengejaran, dan senjata pistol yang dia gunakan dalam serangan itu disita.

Pasukan Israel sempat melancarkan gelombang penangkapan besar-besaran di kota Silwanuntuk mencari pelaku, sementara faksi-faksi Palestina menyatakan dukungan kepada serangan tersebut.

“Hari ini operasi ini menegaskan bahwa rakyat Palestina melanjutkan jalan perlawanan dan semua alat perjuangan, dan perlawanan terhadap pendudukan ini adalah untuk melindungi bangsa kami, tanah kami dan tempat-tempat suci kami,” kata Fawzi Barhoum, juru bicara Hamas, kelompok yang berkuasa di Jalur Gaza.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid menyatakan tersangka penyerang adalah penduduk  Al-Quds yang beroperasi sendirian selama penembakan dan yang sebelumnya pernah ditangkap oleh Israel.

“Semua orang yang mencari kerusakan harus tahu bahwa mereka akan membayar harga untuk setiap kerugian bagi warga sipil kami,” ujar Lapid.

Duta Besar AS untuk Israel, Tom Nides, menyatakan ada warga AS di antara orang-orang yang terluka. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Serangan Israel Tewaskan Tiga Tentara Suriah

Israel Ancam Hizbullah, Perang akan Berkobar?

DISKUSI: