Buntut Kerusuhan Berdarah di Beirut, 20 Orang Diringkus

0
289

Beirut LiputanIslam.com –   Sebanyak 20 orang telah diringkus oleh aparat keamanan Lebanon sebagai buntut dari peristiwa serangan kawanan bersenjata api terhadap massa pengunjuk rasa damai yang terjadi di Beirut pada hari Kamis lalu.

Saluran Al-Manar, Sabtu (16/10), saat melaporkan hal itu mengutip keterangan sumber-sumber keamanan bahwa rekaman kamera CCTV memperlihatkan adanya persiapan sebelumnya untuk penyerangan terhadap massa yang saat itu sedang bergerak untuk bergabung dengan aksi unjuk rasa di depan gedung pengadilan, dan dengan adanya penangkapan tersebut mulai ada titik perang  pada misteri di balik peristiwa tersebut.

Sumber-sumber menyatakan bahwa penyeledikan sejauh ini sedang berfokus pada identitas para perencana pelaku serangan serta identitas orang-orang yang mendatangkan orang-orang lain dari luar wilayah sekitar lokasi peristiwa untuk ikut serta dalam penyerangan.

Sebanyak tujuh orang gugur dalam peristiwa penembakan yang dilakukan oleh para sniper yang berposisi di atas gedung-gedung sekitar terhadap para simpatisan Hizbullah dan Gerakan Amal yang akan mengikuti aksi rasa damai di depan gedung pengadilan kasus ledakan Pelabuhan Beirut.

Menyusul peristiwa itu dua kelompok Muslim Syiah, Hizbullah dan Gerakan Amal, segera merilis pernyataan bersama yang menegaskan, “Kelompok-kelompok dari Partai Pasukan Lebanon telah menyebar di atas atap gedung-gedung dan melakukan penembakan secara langsung untuk pembunuhan disengaja.”

Kedua mengutuk serangan dan menyebutnya tindakan kriminal yang ditujukan untuk mengacaukan stabilitas dan kedamaian penduduk.

Di pihak lain, Ketua Partai Pasukan Lebanon Samir Geagea pada Jumat malam membantah tuduhan tersebut.

Pasukan Lebanon adalah partai politik berbasis Kristen Lebanon dan bekas milisi dalam peristiwa Perang Saudara Lebanon. Partai itu memegang lima belas dari 64 kursi Kristen di parlemen Lebanon dan karena itu menjadi partai Kristen terbesar kedua di parlemen. (mm/alalam/anadolu)

Baca juga:

Kerusuhan Berdarah di Beirut, Hizbullah dan Gerakan Amal Minta Pendukungnya Tenang

Atwan: Konspirasi AS-Israel untuk Picu Konflik Sektarian di Timteng akan Gagal

DISKUSI: