Biden dan Al-Kadhimi Nyatakan Misi Militer AS di Irak Selesai di Akhir Tahun 2021

0
419

Washington, LiputanIslam.com –  Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi di akhir pertemuan antara keduanya di Gedung Putih, Washington, Senin (27/7), merilis statemen bersama yang menyatakan bahwa misi militer AS di Irak akan selesai pada akhir 2021.

“Washington dan Baghdad sepakat bahwa hingga akhir tahun ini (2021) keberadaan pasukan militer AS di Irak akan berakhir. AS menghormati kedaulatan dan undang-undang Irak,” bunyi statemen tersebut.

Dikutip Sputnik, Biden dan Al-Kadhimi menyatakan, “Pemerintah Irak menekankan komitmennya untuk melindungi pasukan koalisi yang menjalani bertugas memberi nasihat militer dan pelatihan (di Irak).”

Statemen itu juga menyebutkan, “Delegasi dari kedua pihak memutuskan bahwa hubungan keamanan secara total diubah menjadi peran pendidikan, nasihat dan dukungan informasi, dan bahwa sampai tanggal 31 Desember 2021 tak akan ada lagi tentara AS yang menjalani peran militer di Irak.”

Sebelumnya, Biden dalam pertemuan dengan Al-Kadhimi mengatakan, “Peran kami di Irak semata-mata untuk mencapai kelanjutan pelatihan dan memberikan bantuan informasi untuk menghadapi IS (ISIS).”

Majalah AS Politico mengutip pernyataan seorang pejabat AS dan dua narasumber lain bahwa berakhirnya misi militer AS di Irak tidak akan berarti keluarnya pasukan AS dari Irak. Sumber-sumber itu mengatakan bahwa militer AS tidak akan ditarik dari Irak, dan bahwa sejumlah tentara AS akan tetap ada di sana.

Menurut mereka, sebagian tentara AS akan memberikan dukungan logistik dan nasihat kepada pasukan Irak, dan Angkatan Udara serta intelijen AS akan tetap bercokol di Irak untuk apa yang mereka sebut perang melawan ISIS.

Pada 5 Januari 2020 parlemen Irak mensahkan undang-undang (UU) yang menuntut penarikan pasukan asing dari Irak. UU itu disahkan setelah tentara AS melancarkan serangan drone yang menggugurkan jenderal tersohor Iran Qasem Soleimani dan seorang tokoh pejuang Irak Abu Mahdi Al-Muhandis pada tanggal 3 Januari 2020. (mm/fna)

Baca juga:

[Video:] Kelompok Pejuang Irak Rilis Video Serangan Drone Terbarunya ke Pangkalan Militer AS

Kelompok Pejuang Irak Lancarkan Serangan Drone ke Pangkalan Militer AS

DISKUSI: