Rakyat Bahran Peringatkan Menlu Israel dengan Pedang Legendaris Islam

0
261

Manama,LiputanIslam.com-Gelombang unjuk rasa melanda ibu kota Bahrain, menyusul kunjungan Menlu Israel Yair Lapid ke negara itu.

Penentangan rakyat Bahrain dimulai setelah Kemenlu Israel pada Rabu 29 September mengumumkan, Lapid akan melawat ke Manama untuk memenuhi undangan Menlu Bahrain.

Setelah tiba di Bahrain dan menemui para pejabat senior negara itu, termasuk Raja dan Putra Mahkota, Lapid pun secara resmi membuka Kedubes Israel di Manama.

Menlu Israel dan Bahrain meneken sejumlah kesepakatan strategis di berbagai bidang. Mereka juga menyepakati pembukaan jalur udara antara kedua belah pihak, yang rencananya akan melakukan penerbangan 2 kali dalam seminggu.

Berdasarkan statemen Kemenlu Israel, dua penerbangan itu akan dilakukan oleh maskapai Bahrain, Gulf Air.

Para pendemo membawa plakat-plakat yang mengungkap kecaman dan penolakan terhadap lawatan Lapid. Salah satu plakat yang dibawa pendemo Bahrain ditujukan langsung kepada Menlu Israel itu.

Plakat itu bergambar pedang Dzulfiqar, pedang legendaris Islam milik Khalifah ke-4 Ali bin Abi Thalib. Tulisan di bawah gambar pedang itu berbunyi:”Lapid, tahukah kau apa ini?”

Dengan gambar ini, pendemo mengingatkan kekalahan Yahudi dalam perang Khaibar, yaitu ketika menantu Nabi Muhammad saw itu menjebol benteng terkuat milik pasukan Yahudi.

Slogan-slogan tentang perang Khaibar kerap diserukan dalam bentrokan antara Palestina dan Israel. Salah satunya slogan”Wahai Yahudi, ingatlah Khaibar. Tentara Muhammad akan kembali.” (af/fars)

DISKUSI: