Berkunjung ke Libanon, Pemimpin Hamas Jumpai Sekjen Hizbullah

0
287

Pertemuan Ismail Haniyeh dengan Sayid Hassan Nasrallah, Selasa 29 Juni 2021.

Beirut, LiputanIslam.com –  Kepala Biro Politik Hamas di luar negeri, Ismail Haniyeh, dalam kunjungannya ke Libanon telah mengadakan pertemuan dengan Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah, Selasa (29/6).

Dalam pertemuan ini keduanya membahas hasil dan perkembangan situasi pasca perang Gaza-Israel 10-21 Mei 2021 yang dinamai “Perang Pedang Qud” serta menegaskan pentingnya penguatan hubungan antara Hamas dan Hizbullah  dan kedudukan keduanya dalam Poros Resistensi dan perang di masa mendatang yang dinilai akan sangat determinan.

Sejak beberapa hari lalu Ismail Haniyeh beserta rombongan delegasi Hamas yang dipimpinnya melakukan safari ke beberapa negara Arab dan mengadakan pertemuan dengan para pejabat maupun tokoh masyarakat negara setempat.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa safari itu masih berlanjut tanpa menyebutkan jadwal waktu dan negara yang dituju. Mereka juga mengatakan bahwa kunjungan delegasi Hamas ke Libanon membawa empat agenda, yang utamanya adalah membicarakan perkembangan situasi politik Palestina pasca perang 11 hari Gaza-Israel.

Dalam pertemuan dengan para pejabat Libanon, delegasi Hamas menyatakan apresiasinya atas dukungan pemerintah dan rakyat Libanon kepada Palestina serta upaya mereka mendekatkan pandangan antarfaksi Palestina.

Agenda lain ialah mengevaluasi hasil perang terbaru Gaza-Israel, yang menurut mereka, satu di antaranya ialah keterbuktian bahwa kota suci Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem) adalah pusat konflik Palestina-Israel serta merupakan jarum Kompas pemersatu bangsa Palestina. (mm/almanar)

Baca juga:

Tepi Barat Diwarnai Aksi Protes terhadap Otoritas Palestina, Kaum Zionis Berkeliaran di Komplek Al-Aqsa

Damaskus: Kedaulatan Suriah atas Golan Tak Lekang oleh Waktu

 

DISKUSI: