Bentrok Sengit dengan Demonstran, Ratusan Aparat Keamanan Terluka

0
142

Khartoum, LiputanIslam.com  Kepolisian daerah ibu kota Sudan, Khartoum, mengumumkan bahwa sebanyak 96 polisi dan 129 tentara terluka akibat serangan kelompok-kelompok demonstran yang berkonvoi pada hari Jumat (1/7).

Dalam sebuah pernyataannya, polisi melaporkan, “Arak-arakan yang keluar memenuhi seruan yang diumumkan di media sosial, di mana pertemuan mereka dimulai sejak pukul sembilan pagi, menabrak barikade keamanan, menyerang pasukan di tempat-tempat yang memisahkan situs kedaulatan dan situs strategis.”

Polisi Khartoum menambahkan, “ Pasukan keamanan bertindak dengan menggunakan gas air mata dan meriam air, sehingga para demonstran menghancurkan kendaraan water-jet, membakar pohon-pohon taman, dan sejumlah terduga ditangkap.”

Polisi mengumumkan bahwa sejumlah orang di antara ratusan petugas keamanan yang terluka mengalami luka serius, dan bahwa ada informasi kematian enam orang.

Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan di kota Khartoum, sehari setelah sembilan orang tewas dalam demonstrasi protes terhadap para jenderal yang berkuasa di negara ini.

Masyarakat internasional  mengutuk kekerasan di Sudan, yang diguncang gelombang protes yang terjadi hampir setiap pekan sejak kudeta 25 Oktober. Otoritas militer Sudan telah menghadapi gelombang itu dengan kekerasan, yang sejauh ini telah menewaskan 113 orang, termasuk 18 anak kecil. (mm/rt/aljazeera)

Baca juga:

Sedikitnya 8 Orang Tewas dalam Demo Protes di Sudan, PBB Prihatin

DISKUSI: