Belasan Pangeran Saudi Dilaporkan Terinfeksi Covid-19

0
217

Riyadh, LiputanIslam.com –  Belasan pangeran Arab Saudi dilaporkan  terinfeksi virus corona alias COVID-19.

“14 pangeran telah terinfeksi virus corona, sembilan di antaranya berada di Riyadh dan lima lainnya di Jeddah,” tulis akun twitter situs berita berbahasa Arab al-Ahd al-Jadid, Kamis (26/3/2020).

Media ini menambahkan bahwa para pangeran yang terinfeksi itu telah dipindahkan ke rumah sakit khusus di kedua kota tersebut, dan  beberapa di antara mereka diketahui baru pulang dari Australia.

Pegiat media sosial pengguna akun Twitter @mujtahidd, yang diduga sebagai anggota keluarga kerajaan atau memiliki sumber yang terhubung dengan mereka, pekan lalu mengungkapkan bahwa di Saudi ada ribuan orang terinfeksi COVID-19 namun Riyadh menyembunyikan datanya.

“Para pejabat Saudi menyembunyikan jumlah sebenarnya orang yang terinfeksi virus corona, dan jumlahnya sekarang mencapai ribuan, bahkan puluhan ribu,” tulis Mujtahid di halaman Twitter-nya pada Ahad lalu.

Menurutnya, lebih dari 5.000 orang di Qatif dan lebih dari 900 lainnya di Mekah telah terinfeksi virus COVID-19.

Mujtahid mengatakan bahwa rumah sakit khusus al-Riyadh telah dikosong untuk difungsikan sebagai pusat pasien COVID-19, dan dikemudian disediakan fasilitas untuk kasus-kasus COVID-19 dari kalangan keluarga kerajaan dan pejabat.

Baca: Libya Konfirmasi Kasus Covid-19 Pertama Di Tengah Minimnya Fasilitas Kesehatan

Rabu lalu Saudi mengumumkan kasus kedua kematian di negara ini akibat pandemi COVID-19, sementara  jumlah kasus positif mencapai 900.

Baca: Suriah Konfirmasi Satu Pasien Positif Corona

Berbagai langkah sudah dilakukan oleh Saudi untuk memerangi pandemi ini, termasuk penangguhan penerbangan internasional, penutupan sekolah dan universitas dan untuk sementara waktu, dan pengisolasian provinsi Qatif karena sebagian besar kasus COVID-19 di Saudi ada wilayah timur Saudi ini. (mm/fna)

DISKUSI: