Bala Bantuan Militer AS  Masuk Sembari Memboyong Tank dan Senjata Berat

0
270

Teheran, LiputanIslam.com –  Konvoi besar kendaraan milik pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) memasuki Suriah timur laut menuju pangkalan militer di Provinsi Deir Ezzor, Suriah timur, sembari membawa tank dan berbagai jenis senjata berat pada akhir pekan lalu.

Kantor berita Suriah, SANA, Ahad (10/1), mengutip laporan sumber-sumber lokal bahwa pasukan koalisi itu mengirim bala bantuan militer dan logistik ke pangkalan mereka di Deir Ezzor setelah menyebrang ke wilayah Suriah dari pintu perbatasan Al-Waleed yang dikendalikan oleh Pasukan Demokrasi Suriah (SDF).

Menurut  sumber-sumber itu, konvoi yang terdiri dari sekira 30 kendaraan, termasuk truk yang memuat meriam dan berbagai jenis senjata berat lain serta tank milik tentara AS, memasuki Provinsi Al-Hasakah, Suriah,  dari wilayah Provinsi Nineveh, Irak, sebelum kemudian bergerak menuju ke pangkalan di Deir Ezzor.

Sumber-sumber itu menyebutkan bahwa konvoi itu melintasi jalur Al-Kharafi antara Deir Ezzor dan Al-Hasakah dengan diiringi oleh helikopter dan kendaraan militer AS.

Konvoi bala bantuan militer AS ini diduga merupakan bagian dari rotasi pasukan yang terjadi setiap beberapa minggu di mana mereka dari Irak sering memasuki Suriah dan memindahkan pasokan ke salah satu pangkalan mereka di Suriah.

Laporan lain menyebutkan bahwa tentara Suriah berhasil menimpakan kerugian besar pada personel dan peralatan sisa-sisa organisasi teroris ISIS. .

Satuan-satuan tentara Suriah di pedesaan timur laut Salamiyeh di Provinsi Hama bertempur sengit melawan kawanan teroris ISIS di daerah Shakousiya dan al-Rahjan.

Sumber lapangan menyebutkan bahwa tentara Suriah saat itu didukung tempur Rusia dan Suriah sendiri, yang melancarkan serangan intens di garis belakang ISIS dan titik penyebaran mereka di gurun timur Hama. (mm/amn/alalam)

Baca juga:

Suriah Sebut Serangan Israel Terkoordinasi dengan Turki, AS, dan Teroris

Irak Rilis Surat Perintah Penangkapan atas Trump

 

DISKUSI: