Ayatullah Khamenei Tekankan Peningkatan Kekuatan AL Iran dan Kehadirannya di Perairan Internasional

0
138

Teheran, LiputanIslam.com Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei, yang juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata negara ini, menyerukan peningkatan kemampuan tempur Angkatan Laut (AL) Iran, dan kelanjutan eksistensinya di laut lepas dan perairan internasional.

Dalam pertemuan dengan sejumlah perwira tinggi AL Iran di Teheran, Senin (28/11), Ayatullah Khamenei,menyinggung sejarah panjang eksistensi bangsa Iran di laut sehingga membantu proses penyebaran budaya dan peradaban Islam dan Iran ke pelbagai belahan dunia.

“Meskipun ada sejarah panjang demikian dan (Iran memiliki) pantai panjang di utara dan terutama di selatan Iran, budaya memanfaatkan peluang maritim telah diabaikan di negara ini, dan harus berubah menjadi bagian dari budaya umum,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Shahram Irani mempresentasikan laporan tentang langkah-langkah dan rencana yang dibuat oleh pasukannya di berbagai bidang.

Pekan lalu, Shahram Irani mengatakan pasukannya akan segera meluncurkan helikopter serang AL baru dan drone jarak jauh buatan dalam negeri, serta menyatakan bahwa pencapaian militer utama akan bergabung dengan armada AL Iran dalam waktu dekat.

Dia menambahkan bahwa pesawat nirawak canggih juga akan memungkinkan unit lepas pantai Angkatan Laut Iran untuk menjangkau area dalam radius operasional setidaknya 2.000 kilometer.

Menurut Shahram Irani, AL Iran sekarang eksisdi Samudra Hindia, Samudra Atlantik, serta Samudra Pasifik, dan menjaga kapal komersial dan kapal tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Republik Islam selama misi mereka di perairan internasional.

Dia menekankan bahwa Angkatan Laut Iran memiliki kemampuan menerbangkan ratusan drone sekaligus dalam menjalankan berbagai misi.

Pada pertengahan Juli lalu Angkatan Laut Iran meningkatkan kekuatannya dengan menggabungkan divisi khusus yang bertugas mengangkut dan mengoperasikan berbagai drone.

Divisi kapal induk drone pertama Angkatan Laut Iran, yang terdiri dari unit permukaan dan bawah permukaan yang berbeda, diresmikan dalam sebuah upacara di perairan internasional Samudra Hindia. (mm/presstv)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Masalah Iran dengan AS Hanya Bisa Diselesaikan dengan “Upeti”

Panglima IRGC: Iran Hadapi Perang Besar, Israel akan Musnah

 

DISKUSI: