Ayatullah Khamenei Serukan Partisipasi Besar Rakyat Iran dalam Pilpres

0
353

Teheran, LiputanIslam.com –   Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyerukan kepada rakyat Iran agar menyukseskan pilpres Iran mendatang dengan partisipasi sebesar mungkin.

Seruan itu dia sampaikan dalam pidato yang disiarkan secara langsung di televisi Iran, Ahad (2/5), sembari menegaskan bahwa tidak ada yang boleh menghalangi partisipasi besar rakyat dalam pilpres.

“Ketika rakyat andil dalam pemilu  maka tak akan ada kekuatan yang dapat mencelakakan negara ini,” ungkapnya.

Ayatollah Khamenei juga memperingatkan adanya upaya pihak-pihak tertentu untuk mencegah partisipasi rakyat dengan cara menimbulkan keraguan pada berbagai aspek pemilu, termasuk badan pemerintahan.

Menurutnya, upaya demikian sudah pernah terjadi pada pemilu-pemilu sebelumnya dengan tujuan mempengaruhi proses dan hasil pemungutan suara, namun tak ada pengaruh yang berarti.

Pada kesempatan ini, Ayatullah Khamenei juga menegaskan bahwa Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah menjadi kekuatan utama yang mencegah pejabat diplomatik Iran mengikuti diplomasi pasif di kawasan Timur Tengah.

Dia mengatakan musuh Iran tidak ingin negara republik Islam ini meningkatkan hubungannya dengan dunia dan inilah mengapa “ketika kita ingin memperluas hubungan dengan Rusia atau China,” mereka mengeluh, dan bahkan keberatan “ketika kita ingin memperluas hubungan dengan tetangga kita sendiri.” (mm/presstv)

Baca juga:

IRGC dan Angkatan Bersenjata Iran Pantau “Pergerakan Agresif” di Teluk Persia

Tanggapan Iran Terhadap Isyarat Perdamaian dari Putra Mahkota Arab Saudi

DISKUSI: