Ayatullah Khamenei Berbelasungkawa atas Wafatnya Sekjen Front Rakyat Pembebasan Palestina

0
161

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei dan beberapa pejabat Iran lain, termasuk Presiden Terpilih Ebrahim Raisi, menyatakan belasungkawa atas wafatnya mantan Sekjen Front Rakyat Pembebasan Palestina (PFLP) Ahmad Jibril alias Abu Jihad.

Dalam sebuah pesannya, Kamis (8/7), Ayatullah Khamenei menyatakan, “Kepada bangsa Palestina dan seluruh mujahidin dan aktivis gelanggang penuh gelora perjuangan Palestina serta seluruh anasir resistensi di Asia Barat (Timur Tengah – red.) dan keluarga yang ditinggal, saya mengucapkan belasungkawa atas wafatnya pejuang tak kenal lelah Ahmad Jibril.”

Dia menambahkan, “Pria pemberani ini telah menghabiskan usianya untuk berjuang demi tanah air yang terampas dan bangsa yang teraniaya. Kami memohon semoga Allah memberinya pahala, rahmat dan maghfirah.”

Ungkapan belasungkawa juga dinyatakan oleh Presiden Terpilih Iran Sayid Ebrahim Raisi dengan menyebutkan; “Pejuang tak kenal lelah ini hingga akhir hayatnya tak berhenti berjuang untuk kebebasan kiblat pertama umat Islam, dan juga telah mengorbankan putranya yang mulia di jalan ini. Abu Jihad tergolong orang-orang yang setia kepada cita-cita Palestina dan pembela kebenaran Poros Resistensi yang berdiri teguh di tengah badai aneka peristiwa di jalan ini.”

Ketua parlemen Iran Majelis Permusyawatan Islam Mohammad Bagher Qalibaf menyebut Ahmad Jibril sebagai sosok pejuang anti penindasan yang telah menghabiskan usianya untuk pembebasan Quds sehingga namanya akan tetap cemerlang dan abadi dalam sanubari para pendamba kebebasan dan bangsa tertindas Palestina.

Ucapan belasungkawa juga dinyatakan oleh Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigjen Esmail Qaani dan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

Ahmad Jibril wafat di usia 83 tahun pada hari Rabu 7 Juli 2021 setelah 60 tahun berjuang demi cita-cita Palestina. Sedangkan seorang putranya gugur syahid diteror oleh dinas rahasia Israel Mossad pada dua dekade silam.(mm/mna)

Baca juga:

Ancam Israel, Pejuang Palestina: Blokade Tak Segera Dicabut, Perang Baru Dimulai

Teheran Umumkan Adanya Kemajuan dalam Perundingan Iran-Arab Saudi

DISKUSI: