Assad Tegaskan Suriah Tak Pernah Mengagresi Turki

0
319

Damaskus, LiputanIslam.com –  Presiden Suriah Bashar Assad menyatakan heran mengapa pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Turki sedemikian memusuhi pemerintahan Assad padahal Suriah tak pernah mengagresi Turki.

Keheranan itu dikatakan Assad dalam wawancara dengan saluran Russia-24, Rabu (4/3/2020), saat ditanya ihwal pesannya kepada bangsa Turki.

“Tentu saja  kami katakan bahwa mereka (bangsa Turki) adalah saudara sendiri. Sekarang saya ingin bertanya kepada bangsa Turki; apa perkara kalian dengan Suriah? Apa perkaranya sehingga warga negara Turki layak mati karenanya? Apa agresi besar ataupun kecil yang pernah dilakukan Suriah terhadap Turki selama perang ataupun sebelum perang ini? Sama sekali tidak ada,” ungkap Assad.

Baca: Tentara Suriah Kuasai lagi Beberapa Desa di Sekitar Kota Saraqib

Presiden Suriah menambahkan, “Ada hubungan pernikahan dan kekeluargaan, ada kepentingan (kolektif) sehari-hari antara Suriah dan Turki, di Turki ada kalangan-kalangan yang berasal dari Arab Suriah, dan di Suriahpun adalah kalangan-kalangan yang berasal dari Turki.”

Baca: Keserakahan Erdogan Membuatnya Mendukung Teroris Suriah

Assad kemudian menegaskan bahwa perbauran itu ada sepanjang sejarah kedua negara, dan karena itu “tidak masuk akal jika terjadi pertikaian” antara Suriah dan Turki. (mm/rt)

DISKUSI: