AS Sebut Iran Ada di Balik Serangan ke Pangkalan Al-Tanf

0
218

Washington, LiputanIslam.com –  Para pejabat AS menuding Iran berada di balik serangan rudal dan drone yang pada pekan lalu menerjang pangkalan militer Al-Tanf yang ditempati oleh pasukan AS di perbatasan Suriah-Irak.

Dikutip AP, Senin (25/10), pejabat AS mengatakan, “Drone penyerang itu tidak diterbangkan dari wilayah Iran, tapi negara ini memotivasi pelaksanaan serangan drone ke pangkalan Al-Tanf”.

Pangkalan militer Al-Tanf yang terletak di bagian tenggara Suriah merupakan kawasan gurun Provinsi Homs yang juga menjadi sarang kelompok-kelompok pemberontak bersenjata dan teroris.

Dari perbatasan barat Irak pangkalan ini berjarak 22 kilometer, sama persis dengan jaraknya dari perbayasan Yordania, dan berjarak 247 kilometer dari pintu masuk perbatasan Al-Walid di segi tiga perbatasan Suriah, Yordania dan Irak pada jalur strategis yang menghubungkan Baghdad dengan Damaskus.

Pangkalan itu mendapat serangan rudal dan drone yang menyebabkan terjadi ledakan-ledakan hebat, kebakaran dan kehancuran beberapa bangunan. Beberapa video dan foto beredar terkait dengan serangan itu dan dampak kehancurannya.

Serangan itu terjadi tak lama setelah Pusat Komando Operasi Sekutu Suriah bersumpah akan melancarkan serangan “balasan sengit” atas agresi Israel belakangan ini terhadap Suriah.

Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam sebuah pernyataannya mengkonfirmasi serangan itu dan menyebutnya serangan “disengaja dan sistematis”, sembari mengklaim bahwa tak ada korban yang jatuh akibat serangan itu.

Dalam pernyataan itu CENTCOM juga menegaskan pihaknya berhak membalas serangan itu pada saat dan waktunya yang tepat. (mm/tasnim)

Berita Terkait:

Ini Dia Bocoran Foto Dampak “Serangan Iran” terhadap Pangkalan AS di Suriah

Israel: Gempur Pangkalan Al-Tanf, Iran Tunjukkan Kesiapan Berkonfrontasi dengan AS

DISKUSI: