AS, Prancis, Belgia, dan Jepang Gelar Latihan Maritim di Laut Oman

0
421

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa negara ini bersama Prancis, Belgia, dan Jepang telah memulai latihan angkatan laut utama di Laut Oman.

AL AS, Ahad (21/3) menyebutkan bahwa kapal dari empat negara tersebut sedang melakukan Latihan Kelompok Perang Laut Arab di Laut Makran dan Laut Oman.

Beberapa kapal yang dilibatkan antara lain kapal induk Prancis Charles de Gaulle, serta kapal serbu amfibi USS Makin Island.

Fregat Belgia HNLMS Leopold I dan kapal perusak Jepang JS Ariake juga akan ambil bagian, demikian pula empat pesawat dari empat negara.

Latihan perang maritim itu dilakukan di tengah ketegangan terkait dengan program nuklir Iran di wilayah tersebut.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengaku berniat membawa negaranya kembali ke kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang diteken Iran bersama enam negara terkemuka dunia, termasuk AS, pada tahun 2015 , dan kemudian diabaikan oleh AS di masa kepresidenan Donald Trump.

Iran menegaskan pihaknya tidak terburu-buru soal kembalinya AS ke JCPOA, namun menekankan bahwa Washington tidak dalam posisi yang patut mendiktekan kemauannya terhadap Iran untuk implementasi perjanjian karena penarikan dan pelanggaran terhadap KCPOA telah dilakukan secara sepihak oleh AS sendiri. (mm/mna)

Baca juga:

Ayatullah Ali Khamenei Pastikan lagi Iran Tak akan Patuhi Perjanjian Nuklir Sebelum AS Mencabut Sanksi

Iran Tidak Menerima Pesan dari AS, Langsung atau Tidak Langsung

DISKUSI: