AS Minta Iran Tak Langgar Janjinya kepada IAEA, Ayatullah Khamenei Minta AS Tak Sekedar Bicara

0
227

Washington, LiputanIslam.com –  Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan pihaknya bersama negara-negara sekutunya menyerukan kepada Iran agar menahan diri dari tindakan-tindakan yang dapat mengusik komitmennya kepada Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price, Rabu (17/2), menyatakan permintaan itu sembari menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken hari ini, Kamis, akan membahas isu Iran dalam pertemuan dengan para sejawatnya dari Inggris, Prancis, dan Jerman.

Di pihak lain, Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei meminta AS “berbuat, tidak sekedar berbicara” jika memang ingin mengaktifkan kembali perjanjian nuklir yang diteken Iran bersama sejumlah negara terkemuka dunia pada tahun 2015.

Dia mengatakan, “Kami mendengar banyak kata dan janji indah yang kenyataannya dilanggar. Tak ada peluang untuk kata-kata dan janji. Kali ini kami hanya menuntut penerapan secara operasional dan pemenuhan janji. Jika kami merasakan hal itu maka kami juga akan berbuat.”

Sebelumnya, pemerintah Iran telah menetapkan tenggat waktu sampai pekan mendatang untuk mulai mencabut sanksi-sanksi yang diterapkan oleh presiden AS sebelumnya, Donald Trump. Teheran mengancam bahwa jika Washington tidak mencabut sanksi itu dalam tenggat waktu tersebut maka Iran melanggar perjanjian itu dengan melarang inspeksi IAEA terhadap fasilitas nuklirnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

AS Berjanji akan Menghukum Pelaku Serangan di Arbil

Video]: Ayatullah Khamenei: Iran Bertabur Ribuan Bibit Unggul di Bidang Sains dan Teknologi

 

DISKUSI: