AS Gempur Sekutu Iran di Irak, 15 Pejuang Gugur

0
141

Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan AS melancarkan serangkaian serangan ke pangkalan sebuah kelompok pasukan relawan Brigade Hizballah Irak yang bersekutu dengan Iran hingga menewaskan 15 orang di perbatasan Irak-Suriah, Ahad (29/12/2019).

Serangan ini terjadi dua hari setelah serangan roket  terhadap sebuah fasilitas penyimpanan amunisi di pangkalan militer K1 di dekat Kirku, yang menewaskan seorang kontraktor AS di Irak. Dilaporkan bahwa serangan terhadap Brigade Hizbullah Irak itu menggugurkan Abu Ali Khazali, komandan resimen pertama di Brigade 45.

Setelah beberapa jam serangan ini, seorang pejabat keamanan Irak pada Minggu malam menyatakan, “Empat roket Katyusha mendarat di malam hari di sekitar pangkalan Taji yang juga ditempati oleh tentara AS, namun tidak menjatuhkan korban.”

Baca: Markas Militer di Irak Diserang Roket, Satu Orang AS Tewas

Serangan ke pangkalan dan gudang senjata Brigade Hizbullah Irak yang merupakan salah satu elemen pasukan relawan Al-Hashd al-Shaabi itu terjadi juga setelah dua bulan eskalasi ketegangan hingga terjadi serangan roket yang menarget kepentingan AS di Irak.

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS Pentagon, Jonathan Hoffman, mengatakan serangan terhadap sekutu Iran itu bertujuan “melemahkan kemampuan Brigade Hizbullah melancarkan serangan di masa mendatang.”

Baca: Pasukan Relawan Irak Terapkan Status Siaga Keamanan Tinggi, Ada Apa?

Sejak 28 Oktober 2019 terdapat 11 serangan terhadap pangkalan militer Irak yang menampung tentara atau diplomat AS, hingga kemudian terjadi pula serangan ke Kedutaan Besar AS di Zona Hijau yang dijaga dengan sistem keamanan ekstra ketata di Baghdad. (mm/raialyoum)

DISKUSI: