Ansarullah Tuding Trump Terlibat Pembunuhan Khashoggi, Pelapor PBB Tuntut Transparansi Penuh

0
177

Sanaa, LiputanIslam.com – Petinggi gerakan Ansarullah (Houthi) Yaman, Mohammad Ali Al-Houthi, menuding pemerintah AS di masa kepresidenan Donald Trump terlibat dalam pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi, sementara pelapor khusus PBB menuntut transparansi penuh terkait kasus ini.

“Mengingat bahwa rezim Saudi tidak menempuh langkah apapun kecuali dengan terlebih meminta izin pemerintah AS maka tidaklah kecil mungkinan pemerintahan Trump terlibat dalam tindak kriminal pembunuhan Khashoggi,” ungkap Al-Houthi di halaman Twitternya, Jumat (262).

“Penyelidikan AS seharusnya lebih transparan dalam kasus ini maupun kejahatan terhadap Republik Yaman, yang orang-orang Amerika mengaku mendukungnya secara intelijen,” lanjutnya.

Seperti diketahui laporan intelijen AS mengenai pembunuhan Khashoggi yang baru dipublikasi pada hari Jumat menyebutkan bahwa Putra Mahkota Saudi telah menyejutui operasi penangkapan ataupun pembunuhan Khashoggi.

Pelapor Khusus PBB urusan Ekstrayudisial, Agnes Callamard, mendesak pemerintah AS agar menjatuhkan sanksi terhadap MBS  dengan menyasar aset pribadi dan partisipasi internasionalnya, dan memegang kendali inisiasi untuk penegakan keadilan.

Callamard menyatakan Washington hendaknya mengungkap semua informasi rahasia terkait kematian Khashoggi dan tidak memberikan kekebalan kepada MBS dari proses pengadilan sipil.

Sedangkan kepada rezim Saudi, Callamard menuntut pengungkapan fakta mengenai nasib mayat Khashoggi yang dihabisi di dalam gedung Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, pada tahun 2018.

Sementara itu, mantan tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, di halaman Twitter-nya mencuitkan kalimat “keadilan bagi Jamal”, menyusul publikasi laporan intelijen AS mengenai keterlibatan MBS dalam pembunuhan Khashoggi.

Dengan cuitan itu dia hendak menunjukkan tuntutannya supaya semua orang yang  bertanggungjawab atas pembunuhan itu diadili secara tuntas. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Intelijen AS Nyatakan Bin Salman Bertanggungjawab atas Kematian Khashoggi, Ini Tanggapan Saudi

Karena Beresiko Berat bagi Persekutuan AS-Saudi, Biden Tak akan Hukum Bin Salman Secara Langsung

DISKUSI: