Ansarullah Sambut Baik Pengumuman Gencatan Senjata di Yaman

0
23

Sanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman menyambut baik dukungan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi kepada keputusan pemerintahan presiden pelarian Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi menerima seruan PBB untuk penerapan gencatan senjata.

Kepala Komisi Tinggi Revolusi Yaman yang berafiliasi dengan Ansarullah, Mohammad Ali al-Houthi, di Twitter, Rabu (25/3/2020), menyatakan, “Pengumuman koalisi menerima gencatan senjata dan de-eskalasi serta pengambilan langkah-langkah operasional untuk membangun kepercayaan antara kedua pihak dalam aspek kemanusiaan dan ekonomi merupakan perkara yang layak disambut baik. Kami menunggu implementasinya.”

Sebelumnya di hari yang sama juru bicara resmi pasukan koalisi pimpinan Saudi, Kol. Turki al-Maliki,  mengumumkan bahwa para komandan gabungan koalisi ini mengkonfirmasi dan menyokong keputusan pemerintahan Mansour Hadi menerima seruan Sekjen PBB Antgonio Guterres untuk penerapan gencatan senjata dan pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Yaman.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga menyokong upaya utusan khusus PBB untuk Yaman penerapan gencatan senjata, de-eskalasi militer, dan pengambilan langkah-langkah khusus untuk pembangunan kepercayaan antara kedua pihak di bidang kemanusiaan dan ekonomi demi meringankan penderitaan rakyat Yaman dan menggalakkan perang melawan Covid-19.

Baca: Ansharullah Sambut Baik Dialog dengan Koalisi Saudi untuk Hentikan Perang

Guterres sendiri memang telah menyerukan kepada semua pihak yang terlibat perang di dunia, termasuk Yaman, untuk menerapkan gencatan senjata demi memerangi “musuh bersama” yang bernama Covid-19.

Baca: AS Berusaha Tundukkan Yaman dengan Corona

Dia juga mengingatkan bahwa sistem pemeliharaan kesehatan runtuh di negara-negara yang porak-poranda akibat perang. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS: