Ansarullah Rebut Markas Pertahanan Koalisi di Provinsi Marib

0
28

Marib, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) berhasil membebaskan Kamp Mas, sebuah kamp militer besar di provinsi Marib Yaman.

Situs Al-Alam yang memuat sebuah foto terkait dengan pembebasan itu, Ahad (22/11/2020), menyebutkan bahwa kamp itu merupakan garis pertahanan utama pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di provinsi tersebut, dan dengan jatuhnya kamp itu ke tangan Ansarullah maka kota Marib secara militer juga telah jatuh ke tangan gerakan ini.

Sebelumnya, sumber-sumber media Yaman menyebutkan bahwa sebagian besar Partai Kongregasi Reformasi Yaman yang berhaluan Ikhwanul Muslimin dan sempat berada di Riyadh, ibu kota Saudi, telah kabur ke Turki.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa sekjen partai itu, Mohammad Al-Yadumi, bersama Syeikh Abdul Majid Al-Zandani, telah tiba di Turki tiga hari lalu.

Laporan itu belum terkonfirmasi, namun sumber-sumber Yaman di Turki alih-alih membantah laporan itu mengatakan bahwa beberapa pemimpin telah tiba di Istanbul, Turki, tanpa menyebutkan nama.

Partai Kongregasi Reformasi Yaman tercatat sebagai sekutu terbesar Saudi di Yaman, namun beberapa sumber Yaman menyatakan bahwa para pemimpinnya semula mengalami sebentuk ketertahanan di Riyadh.

Belakangan ini Saudi melancarkan kampanye anti Ikhwanul Muslimin secara besar-besaran sehingga banyak pengamat menilainya sebagai serangan terhadap Ikhwanul Muslimin di Yaman. (mm/alalam)

Baca juga:

[Video]: Pasukan Elit Iran Luncurkan Kapal Induk

AS akan Teroriskan Ansarullah, Organisasi Peduli HAM Dunia Ingatkan Resiko Kelaparan di Yaman

DISKUSI: