Akun Twitter Dubes Iran untuk Yaman Diblokir, Mengapa?

0
65

Sanaa, LiputanIslam.com –  Duta Besar Iran untuk Yaman Hassan Erlo, Ahad (1/11/2020), mengumumkan akunnya di Twitter telah diblokir.

Tanpa menyebutkan secara rinci penyebab pemblokiran itu, Erlo menyatakan bahwa lobi Arab Saudi berada di balik pemblokiran.

Twitter menutup akun Erlo setelah dia mengikuti rapat akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad saw di Sanaa, ibu kota Yaman, pada Kamis lalu (29/10/2020).

Partisipasi dalam acara tersebut tercatat sebagai kegiatan pertama duta besar Iran setelah menyerahkan surat kepercayaannya kepada Sana’a, yang menandai kedalaman hubungan antara Sanaa dan Teheran, dan kesatuan tujuan keduanya mendukung misi Islam melawan ambisi dan arogansi global Amerika Serikan (AS) dan kaum Zionis Israel.

Akun Erlo ditutup juga setelah dia memosting tulisan yang mengutuk pembunuhan Menteri Olah Raga dan Pemuda Yaman Hasan Zaid.

Saat itu dia mencuit, “Kami akan bekerjasama dengan pemerintah Yaman untuk memperluas keamanan dan perdamaian serta memberantas terorisme hingga ke akarnya.”

Sebelum itu, AS mengecam pengiriman Erlo ke Yaman, antara lain dengan menyebutnya sebagai tokoh pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC). (mm/alalam)

Baca juga:

FBI Klaim Peretas Iran Peroleh Akse ke Data Pilpres AS

Kemenlu Iran Nyatakan Mohammad Javad Zarif Tidak Terinfeksi Covid-19

 

DISKUSI: