350 Teroris Takfiri Tewas dalam Pertempuran dengan Ansarullah di Yaman

0
232

Sanaa, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah (kubu Sanaa, ibu kota Yaman) menyatakan bahwa sebanyak 350 teroris takfiri ISIS dan Al-Qaeda tewas dalam pertempuran dengan pasukan kubu Sanaa belakangan ini di Provinsi Al-Bayda, Yaman.

Dalam jumpa pers di Sanaa, Kamis (15/7), Jubir Angkatan Bersenjata Yaman kubu Sanaa, Brigjen Yahya Saree menjelaskan rincian hasil operasi militernya yang bersandi “Al-Nasr al-Mubin” (Kemenangan Yang Nyata) di provinsi tersebut.

“Kelompok-kelompok takfiri berusaha merebut beberapa kawasan di Provinsi Al-Bayda dengan melakukan berbagai gerakan dan tindakan. Upaya menghidupkan kembali kelompok-kelompok takfiri dilakukan demi rencana AS untuk menyasar dan menyerahkan Yaman kepada para anteknya dan para takfiri,” ungkap Saree.

Dia menjelaskan bahwa senjata-senjata yang terungkap dalam operasi militer Al-Nasr Al-Mubin “memperlihatkan besarnya dukungan koalisi agresor yang dipimpin Saudi kepada para takfiri”.

“Koalisi mempersenjatai mereka dan menyediakan celah bagi masuknya puluhan takfiri asing. Pertempuran ini kembali mengungkap fakta anasir takfiri ISIS dan Al-Qaida dan keterhubungan mereka dengan rencana AS di kawasan. Berbagai pihak terkait di Yaman mengantongi informasi mengenai pergerakan anasir takfiri di berbagai wilayah pendudukan, termasuk kota Marib,” lanjutnya.

Yahya Saree menyebutkan bahwa para teroris takfiri telah melakukan banyak kejahatan terhadap penduduk Al-Bayda sehingga badan keamanan dan Angkatan Bersenjata Yaman segera turun tangan menindak mereka.

“Dalam operasi Al-Nasr Al-Mubin sebanyak 350 anasir takfiri dan pasukan bayaran terbunuh dan 560 lainnya terluka, sementara anasir sisanya kabur,” tuturnya.

Menurutnya, berbagai kesatuan tentara Yaman dengan dukungan penduduk dan kelompok-kelompok adat setempat telah melancarkan operasi militer secara besar-besaran, termasuk dengan menembakkan sembilan rudal Badr dan Saeer.

Yahya Saree juga menyebutkan bahwa dalam pertempuran itu jet-jet tempur koalisi yang dipimpin Saudi telah melancarkan serangan sebanyak lebih dari 160 kali terhadap pasukan kubu Sanaa demi melindungi kawanan teroris takfiri, namun kubu Sanaa tetap meraih kemenangan dengan merebut kembali beberapa kawasan dengan total luas sekira 100 km persegi di distrik Al-Sumaah dan Al-Zahir serta menghancurkan 29 mobil lapis baja teroris. (mm/alalam)

Baca juga:

Operasi Militer Sukses, Pasukan Yaman Kuasai Kawasan al-Habaj

Menhan Yaman: Tak Ada Jalan bagi Saudi Kecuali Mengakui Kekalahannya

DISKUSI: