30-an Lembaga di AS Desak Biden Kembali ke Perjanjian Nuklir Iran

0
421

Washington, LiputanIslam.com – Lebih dari 30 organisasi di Amerika Serikat (AS) membuat surat petisi yang ditujukan kepada Presiden Joe Biden dan berisi desakan agar negara ini kembali ke perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), perjanjian nuklir yang diteken Iran dan enam negara terkemuka dunia, termasuk AS, pada tahun 2015.

Petisi itu meminta Washington kembali mematuhi JCPOA secara bersamaan dengan Iran, dan puluhan organisasi itu menilai AS-lah yang terlebih dahulu melanggar perjanjian nuklir untuk membatasi aktivitas nuklir Iran tersebut.

Seperti diketahui, JCPOA diteken AS di masa kepresidenan Barack Obama, tapi kemudian negara ini mengkhianati dan keluar darinya di masa kepresidenan Donald Trump pada tahun 2018.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sebanyak 32 organisasi di AS telah mengajukan petisi tersebut. Meski mengakui bahwa AS yang terlebih dahulu melanggar JCPOA, namun mereka mendesak supaya Washington kembali kepadanya secara bersamaan dengan Iran, sementara Iran sendiri bersikeras bahwa Washington-lah yang harus kembali terlebih dahulu dengan mencabut sanksi-sanksinya terhadap Iran.

Puluhan organisasi itu mencakup J Street, sebuah lobi Zionis yang juga disebut-sebut sebagai kelompok advokasi liberal nirlaba yang mengaku bertujuan mempromosikan kepemimpinan AS untuk mengakhiri konflik Arab-Israel.

Kelompok ini menyatakan kepada Biden, “Kami menulis surat ini untuk mendesak keras Anda agar segera menunaikan janji Anda bergabung dengan JCPOA.”

Petisi itu menegaskan bahwa kembalinya AS ke JCPOA merupakan salah satu janji terpenting Biden di masa kampanye pilpres. (mm/alalam)

Baca juga:

Pentagon: Tekanan Maksimum Trump Malah Membuat Iran Makin Berani

Dokumen Keamanan AS Sebut Iran Berusaha Mendapat Kekuatan dan Teknologi yang Determinan

 

DISKUSI: