116 Pasukan Loyalis Hadi Tewas di Yaman Terserang Rudal, Saudi dan Liga Arab Kutuk Ansarullah

0
121

Riyadh, LiputanIslam.com –  Sebanyak lebih dari 100 orang pasukan loyalis presiden tersingkir Yaman Abed Rabbuh Mansour Hadi yang didukung Arab Saudi dan menduduki sebagian wilayah Yaman tewas dalam serangan rudal gerakan Ansarullah (Houthi) yang berkuasa di ibu kota negara ini, Sanaa.

Televisi pemerintah Saudi pada Sabtu malam lalu menyatakan bahwa serangan Ansarullah telah menargetkan kamp militer yang diduduki oleh pasukan dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan negara-negara lain yang beroperasi di bawah pasukan koalisi dipimpin Saudi di Ma’rib.

Berbagai laporan, termasuk dari netizen di media sosia menyatakan jumlah korban tewas mencapai lebih 100  orang berdasarkan pernyataan yang dikutip dari akun rumah sakit militer di Ma’rib yang telah mengeluarkan seruan darurat untuk donor darah. Ada pula laporan yang menyebutkan jumlah korban tewas 116 orang.

Baca: 30 Pasukan Mansour Hadi Tewas Digempur Pasukan Ansarullah di Yaman

Tidak ada pernyataan resmi dari pasukan koalisi mengenai jumlah dan data korban, dan jika angka itu dikonfirmasi maka serangan itu akan menjadi salah satu serangan Ansarullah yang paling mematikan terhadap Saudi dan sekutunya di Yaman belakangan ini.

Di Kairo, Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit juga merilis pernyataan berisi kecaman atas serangan Ansarullah tersebut dan menilainya sebagai pertanda baru “adanya upaya pihak asing memanaskan front Yaman untuk mengalihkan perhatian dari masalah dan tantangan dalam negerinya.”

Serangan mematikan itu terjadi setelah pasukan loyalis Hadi yang didukung pasukan koalisi pimpinan Saudi melancarkan oporasi militer besar-besaran terhadap Ansarullah di kawasan Nahom di timur laut Sanaa. (mm/presstv/raialyoum)

DISKUSI: