Time Sebut Kesepakatan Trump dengan Taliban Sebagai “Langkah Mundur”

0
112

Washington,LiputanIslam.com-Majalah ternama AS, Time, mengkritik keras keseapakatan Washington dengan Taliban baru-baru ini. Menurut Time, ada perbedaan antara kesepakatan dan langkah mundur.

“Kesepakatan Trump dengan Taliban adalah contoh sempurna untuk langkah mundur. Jika seorang presiden dari Demokrat melakukan hal serupa, pasti Republik akan menghujatnya, dan wajar jika mereka marah,”tulis Time.

“Benar bahwa perang di Afghanistan telah berlangsung selama 19 tahun, dan 2.400 serdadu AS telah terbunuh dalam perang ini. Juga benar bahwa rakyat AS menghendaki perang ini berakhir. Namun, ketika musuh Anda bertekad untuk melanjutkan perang, tak ada harapan terhadap perdamaian.”

“Jika Anda membaca isi kesepakatan, Anda akan menyadari bahwa Taliban mendapatkan banyak keistimewaan. Pertama, militer AS harus dikurangi hingga 8.600 orang dalam kurun waktu 135 hari, sementara sisanya harus meninggalkan Afghanistan dalam jangka 14 bulan.

“Di saat yang bersamaan, 5 ribu tahanan Taliban harus dibebaskan sampai 20 Maret nanti. Lebih buruk lagi, AS setuju untuk membebaskan sisa tahanan lain sepanjang 3 bulan ke depan. AS juga sepakat untuk mencabut sanksi dari para petinggi Taliban.”

“Dalam situasi saat ini, kesepakatan tersebut lebih buruk dari sebuah penarikan mundur sederhana. AS bisa saja meninggalkan Afghanistan tanpa harus membebaskan tahanan Taliban, juga bisa melakukannya tanpa harus mencabut sanksi-sanksi. Jadi, kenapa AS harus memberikan semua keistimewaan ini?”tandas Time. (af/yjc)

Baca Juga:

Taliban Gempur Tentara Afghanistan Segera Setelah Teken Kesepakatan dengan AS

Iran Kutuk Gelombang Kekerasan Sistematis terhadap Umat Islam di India

DISKUSI: