Taliban Gempur Tentara Afghanistan Segera Setelah Teken Kesepakatan dengan AS

0
256

Kabul, LiputanIslam.com –  Kelompok militan Taliban telah melancarkan lebih dari selusin serangan ke pangkalan militer Afghanistan tak lama setelah mereka meneken perjanjian damai dengan AS.

Seorang pejabat anonim Kementerian Pertahanan Afghanistan, Selasa (3/3/2020), kepada AFP mengatakan bahwa gerilyawan itu telah menyerang pasukan pemerintah di 13 dari total 34 provinsi negara ini dalam satu malam.

Sebuah pernyataan pemerintah mengumumkan dua tentara tewas dalam salah satu serangan yang terjadi di provinsi Kandahar selatan, sementara juru bicara gubernur Provinsi Logar, Didar Lawang, menyatakan serangan di provinsi ini menewaskan lima pasukan keamanan.

Sebelum kesepakatan antara Taliban dan AS di Qatar diteken pada Sabtu lalu telah berlaku gencatan senjata selama sepekan antara Taliban di satu pihak dan pasukan AS dan pasukan Afghanistan di pihak lain.

Kesepakatan itu menetapkan jadwal bagi pasukan asing untuk meninggalkan Afghanistan dalam tempo 14 bulan, dan Talibanpun berjanji untuk mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Kabul.

Perjanjian itu juga mencanangkan pertukaran 5000 tahanan Taliban dengan 1000 tahanan pemerintah Afghanistan pada 10 Maret mendatang.

Namun, pemerintahan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani membantah pencanangan itu. Ghani Minggu lalu mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump bukan meminta pembebasan tahanan, melainkan bahwa masalah tersebut harus dibahas sebagai bagian dari kesepakatan damai komprehensif yang mencakup pemerintah Kabul. (mm/presstv)

DISKUSI: