Teroris Binaan Turki Jarah Sebuah Gereja di Hasakah Suriah

0
216

Damaskus,LiputanIslam.com-Kantor berita resmi Suriah, SANA, pada hari Selasa (24/11) mengutip dari sumber-sumber lokal, bahwa Pasukan Turki dan para antek mereka menjarah mebel, perkakas logam, dan barang-barang tembaga, juga alat-alat listrik, dari Gereja Mar Tuma di kompleks gereja Raas al-Ayn. Mereka lalu menyelundupkan hasil jarahan tersebut ke luar negeri di bawah cover para pejabat Turki.

Sumber-sumber itu menyatakan, para teroris masih melanjutkan kejahatan atas penduduk desa-desa di kawasan Raas al-Ayn. Mereka menguasai kawasan-kawasan baru pertanian, kemudian merampok peralatan dan mesin-mesin pertanian, serta tidak mengizinkan para petani menggarap tanah mereka sendiri.

Sebelum ini, para antek Turki dari kelompok teroris al-Hamazat mengambil paksa ratusan hektar tanah di desa-desa al-Duwairi, Masajid, Tal al-Barm, Thinah, dan al-Hardanah di sekitar Raas al-Ayn.

Dalam sebuah operasi militer dengan sandi “Musim Semi Kedamaian” yang dimulai sejak Oktober lalu dari barat Eufrat, Turki dan para antek Suriahnya menduduki Raas al-Ayn hingga Tal Abyadh di timur Eufrat. Kawasan-kawasan itu diduduki melalui dua operasi militer bernama “Perisai Eufrat” dan “Zaitun Remuk.”

Para teroris mengusir dan menelantarkan para penduduk asli desa-desa di Hasakah demi memberi tempat tinggal untuk keluarga-keluarga mereka.

Sejumlah media, seperti CNN, melaporkan bahwa rumah ratusan warga sipil di Raas al-Ayn dijarah oleh kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Ankara. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

Suriah Kutuk “Provokasi” Menlu AS di Golan

Menlu AS: Semua Opsi Terbuka bagi Isu Iran, Israel adalah Bagian dari Solusi Timteng

DISKUSI: