Terapkan Pakta OPEC Plus, Oman Akan Pangkas Produksi Minyak Hingga 200.000 Barel

0
372

Ilustrasi Produsen Minyak Oman. Sumber Foto: Oman Times

Muscat,LiputanIslam.com—Oman telah mengeluarkan instruksi pada sejumlah perusahaan produsen minyaknya agar memangkas jumlah produksi hingga 200.000 barel perhari. Kebijakan yang akan dimulai pada 1 Mei ini sesuai dengan kesepakatan OPEC Plus untuk mengurangi jumlah produksi minyak, agar harga minyak kembali normal.

OPEC dan sekutu-sekutunya yang dipimpin Rusia atau yang dikenal dengan OPEC Plus pada Minggu (12/4) lalu telah sepakat untuk memangkas produksi minyak di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 yang membuat harga minyak dunia anjlok.

Baca juga:Perjanjian OPEC Plus Akhiri Perseteruan Harga Minyak, Trump: Terimakasih untuk Putin dan Raja Salman

Sebelumnya, kerajaan Arab Saudi menaikkan produksi minyak dan menjualnya dengan harga murah. Hal ini dilakukan usai Rusia, sebagai salah satu produsen minyak dunia, menolak permintaan OPEC untuk mengurangi produksi minyaknya.

Murahnya harga minyak dunia membuat sejumlah produsen minyak, terutama milik Amerika Serikat (AS) terancam gulung tikar. Sebab, AS tak mampu menyaingi harga minyak yang ditawarkan oleh kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Senator AS: Semua pasukan AS akan Ditarik dari Arab Saudi Jika Krisis Minyak Belum Selesai

Untuk mengakhiri krisis harga tersebut, Trump bersama dengan presiden Putin dan Raja Salman akhirnya membahas persoalan ini dan sepakat untuk mengurangi jumlah produksi minyak bersama-bersama. (fd/RT)

DISKUSI: