Tentara Israel Siap Siaga di Tepi Barat dan Jalur Gaza

0
72

Sumber: Al-Alam

Gaza,LiputanIslam.com—Surat kabar Zionis, Maariv, melaporkan status siaga tingkat tinggi sistem militer Israel untuk memperkuat barikade militer di perbatasan Gaza dan Tepi Barat.

Status siaga telah ditetapkan pada Kamis (29/1) untuk mengantisipasi pecahnya demonstrasi dan konfrontasi yang mungkin terjadi usai shalat Jumat besok, menyusul diumumkannya Kesepakatan Trump atau Dikenal dengan Deal of the Century.

Surat kabar itu menyebut kementerian militer Israel telah mengadakan pertemuan untuk memperkuat memperkuat pasukan pertahanan di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Baca: Quds Kian Memanas, Rezim Zionis Tutup Gerbang Masjid Al-Aqsa

Pada Selasa (28/1) lalu, Trump mengumumkan Kesepakatan setebal 80 halaman yang salah satu isinya adalah mencanangkan pembentukan negara Palestina “terhubung” yang bentuknya menyerupai kepulauan di mana ibukotanya ada “di bagian-bagian dari Yerusalem (Quds) Timur”, dan menjadikan Quds sebagai Ibukota Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang menghadiri acara pengumuman prakarsa itu di Gedung Putih, menyatakan bahwa ibukota negara Palestina di masa depan akan berada di Abu Dis, yang luasnya tidak lebih dari 4 kilometer persegi, di sebelah timur Quds.

Pihak Palestina sendiri menegaskan bahwa semua wilayah Quds Timur merupakan ibukota negara yang mereka harapkan, berdasarkan resolusi legitimasi internasional, yang tidak mengakui pendudukan Israel atas kota itu sejak 1967.(fd/Al-Alam)

DISKUSI: