Tanggapi Klaim AS untuk Bantu Atasi Corona, Iran: Amat Menggelikan

0
202

Teheran,LiputanIslam.com-AS melalui menlunya mengklaim, Washington sempat menawari Teheran bantuan untuk mengatasi virus Corona sebelum wabah itu melanda Negeri Mullah.

Klaim Mike Pompeo ini, yang dipublikasikan secara besar-besaran di media, pun direspon juru bicara kementerian luar negeri Iran. Abbas Mousavi menyebut klaim Pompeo sebagai “aksi propaganda dan kemunafikan,” yang dilakukan dengan tujuan politis dan demi mengelabui opini umum dunia.

“Ini adalah klaim menggelikan dan sebuah permainan politis-psikis, karena klaim bantuan kepada Iran untuk menghadapi Corona ini berasal dari negara yang melancarkan terorisme ekonomi terhadap rakyat Iran; negara yang bahkan memblokir jalan kami untuk membeli obat-obatan dan perangkat medis,”kata Mousavi.

“Demi memenuhi kebutuhan obat dan medis serta melawan Corona, kemenlu Iran telah menjalin kontak dengan banyak negara,”imbuhnya.

Menurut jubir kemenlu Iran, hingga saat ini sejumlah besar kebutuhan pokok medis telah dikirim oleh sejumlah negara sahabat, seperti masker khusus operasi dan perangkat pernafasan buatan. Kiriman-kiriman lain juga akan segera sampai ke Iran.

“Menghadapi virus Corona, yang kini menjadi sebuah wabah dunia dan melanda banyak negara, membutuhkan sebuah tekad universal dan kerjasama internasional, bukan sebuah aksi sandiwara yang dilakukan demi tujuan politis dan menyalahgunakan derita para pengidap virus ini,”pungkas Mousavi. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasca Serangan Idlib, Sejumlah Media Sosial di Turki Diblokir

Legislator Jerman: Pemerintahan Merkel Terlibat dalam Teror Soleimani

DISKUSI: