Suriah Kecam Klaim AS Soal Dukungan Iran untuk al-Qaeda

0
71

Damaskus,LiputanIslam.com-Seorang pejabat di Kemenlu Suriah mengecam pedas tudingan AS bahwa Iran mendukung al-Qaeda. Kepada SANA, ia mengatakan bahwa tudingan ini dilayangkan sebagai bagian dari propaganda gila Washington atas Teheran.

“Dengan tuduhan-tuduhan semacam ini, AS hanya menipu dirinya sendiri. Upaya seperti ini tak lebih dari upaya sia-sia untuk menyingkirkan tuduhan dari Pemerintah AS dan melemparkannya kepada pihak lain.”

“Dunia sudah tahu bahwa al-Qaeda, juga kelompok-kelompok teroris lain, adalah binaan AS dan salah satu alat negara ini untuk mengintimidasi bangsa-bangsa, mengacaukan stabilitas dan keamanan negara lain, serta memaksa mereka tunduk kepada hegemoni AS,”imbuhnya.

Pompeo pada hari Selasa (12/1) menuduh Iran memiliki hubungan dengan al-Qaeda. Ia bahkan menuding keterlibatan Iran dalam serangan 11 September 2001.

Menlu Iran, Javad Zarif menanggapi klaim tak berdasar Pompeo ini dengan mencuit, ”Semua teroris 11 September datang dari negara-negara favoritmu di Timteng, bukan Iran”.

Ia juga mengomentari dicantumkannya (kembali) Kuba dalam daftar pendukung terorisme oleh Washington. Zarif menulis, ”Mulai dari memasukkan Kuba dalam daftar pendukung terorisme hingga mengumbar klaim keterlibatan Iran dengan al-Qaeda, Tuan ‘Kami Berbohong, Menipu, dan Mencuri’ secara mengenaskan mengakhiri masa jabatannya dengan dusta-dusta provokatif”. (af/fars)

Baca Juga:

IRGC Bantah Orang Iran Terbunuh dalam Serangan Israel ke Suriah Timur

[Video]: Miris, Helikopter Militer Iran Usir Kapal Selam Asing

DISKUSI: