Serangan Udara Misterius Hantam Pangkalan Udara Turki di Libya

0
154

Potret pangkalan udara Al-Watiya melalui peta. Sumber foto: The Libya Observer

Tripoli,LiputanIslam.com—Sebuah serangan udara dilaporkan telah melesat di atas pangkalan udara Al-Watiyah, Libya bagian Barat, pada Rabu (1/7) malam kemarin. Serangan ini menyebabkan sejumlah ledakan di area sekitar.

Seperti dikutip oleh Al-Masdar News pada Kamis (2/7), para penduduk di kota Al-Rajban dan sekitarnya sempat mendengar suara ledakan dan sejumlah pesawat yang terbang di dekat pangkalan militer Al-Watiyah.

Sumber yang sama menyebut, pesawat tak dikenal juga mengebom sejumlah situs di dekat pangkalan militer tersebut dan terus terbang melintasi pegunungan di bagian barat.

Sampai saat ini, belum ada satu entitas pun yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Pangkalan udara Al-Watiyah adalah salah satu pangkalan militer yang dikontrol oleh para pasukan Turki bersama dengan GNA.

Mereka merebut pangkalan ini usai melancarkan serangan skala besar terhadap Pasukan Nasional Libya (LNA) di bawah pimpinan Khalifa Haftar pada April dan Mei lalu.

Ketegangan antara dua kubu yang bertikai di Libya, yaitu GNA di bawah pimpinan Fayez al-Sarraj melawan LNA di bawah pimpinan komandan Khalifa Haftar, terus memanas.

Pada 28 Juni lalu, beredar video iring-iringan truk bermuatan rudal yang dibawa oleh pasukan LNA ke wilayah Sirte, salah satu wilayah kekuasaan LNA. Langkah ini dilakukan kubu LNA untuk mengantisipasi kemungkinan serangan pasukan GNA dan pasukan Turki ke wilayah tersebut. (fd/Al-Masdar)

Baca juga:

Video:  Hadapi GNA yang Didukung Turki, LNA di Libya Kerahkan Rudal Balistik

DISKUSI: