Seorang Palestina Ditembak dan Jenazahnya Ditawan Israel

0
130

Potret Sufian Al-Khawaja, seorang Palestina berusia 32 tahun yang ditembak mati oleh Israel. Sumber foto: Middle East Monitor

Tepi Barat,LiputanIslam.com—Otoritas Israel tetap bersikukuh untuk menahan jenazah seorang Palestina bernama Sufian Al-Khawaja berusia 32 tahun yang ditembak mati oleh pasukan Israel karena melemparkan batu ke arah beberapa mobil di daerah kependudukan, West Bank.

Menurut laporan Middle East Monitor (Memo) pada Senin (23/3), Sufian telah ditembak di bagian kepala, saat dirinya tengah mengendarai mobil bersama ponakannya yang terluka.

Para pasukan Israel menghentikan ambulan yang sempat membawa jenazah Sufian ke rumah sakit dan mengambil jasadnya. Otoritas Israel pun telah memberitahu ayah Sufian bahwa jenazah anaknya telah ditahan oleh pemerintah.

Menlu Otoritas Palestina telah mengecam pembunuhan tersebut dan berjanji akan mengadukan persoalan ini kepada Dewan HAM PBB (UNHRC) dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Menlu itu mengatakan, rezim kependudukan Israel seharusnya bertanggung jawab penuh atas pembunuhan ini.

BacaWabah Covid-19, Iran Selidiki Dugaan Serangan Biologis

Benturan antara penduduk asli Palestina dengan pemukim ilegal Israel bersama dengan para pasukan Israel kerap kali terjadi di Tepi Barat. Perselisihan ini terjadi, bahkan di saat negara itu tengah dilanda krisis akibat menyebarkan wabah Covid-19.

Sampai saat ini, 59 kasus Covid-19 telah menimpa wilayah Tepi Barat, mayoritas korban tinggal di Bethlehem. PM Otoritas Palestina, Mohammad Shtayyeh, telah meminta semua orang untuk tetap di rumah selama dua minggu. (fd/Memo)

DISKUSI: