Sekjen PBB Dituntut Turun Tangan Atasi Krisis Air di Hasakah Suriah

0
66

Damaskus,LiputanIslam.com-Dikutip dari stasiun televisi Suriah, al-Akhbariya, Wakil Tetap Suriah di PBB melakukan pembicaraan dengan Sekjen PBB Antonio Guterres. Dalam perbincangan tersebut, Bashar Jaafari memberitahukan kondisi memprihatinkan kota Hasakah dan sekitarnya, akibat pemutusan saluran air minum yang dilakukan Militer Turki.

“Tentara agresor Turki menggunakan air sebagai senjata terhadap warga sipil. Turki telah menghalangi akses satu juta warga Hasakah dari air minum. Mereka secara sengaja telah memutus pasokan air minum dari stasiun air Alouk selama lebih dari 15 hari,”kata Jaafari.

“Tindakan ini dilakukan karena warga Hasakah mendukung Pemerintah Damaskus dan menentang rezim agresor Turki,”imbuhnya.

“Perbuatan ini sama saja dengan kejahatan perang dan kemanusiaan. Kondisi yang diakibatkan kejahatan tidak tertahankan, terutama di tengah panasnya cuaca dan bahaya virus Corona.”

Wakil Suriah meminta agar Sekjen PBB segera turun tangan untuk mengatasi krisis serta menghentikan kejahatan kemanusiaan ini.

Para pakar berpendapat, kejahatan kemanusiaan ini dilakukan atas lampu hijau Washington. Sebab, andai bukan karena persetujuan AS, Pasukan Turki dan milisi pro-Ankara tidak akan berani melakukannya. (af/yjc)

Baca Juga:

[Video] Tentara Suriah Baku Tembak dengan Pasukan AS

Suku al-Ukaidat Suriah Bentuk Pasukan untuk Lawan AS dan Anteknya

DISKUSI: