Sekjen Hizbullah Umumkan Kapal Pemuat BBM Iran Tengah Menuju Lebanon

0
246

Beirut,LiputanIslam.com-Dalam pidato peringatan hari Asyura, Kamis (19/8), Sekjen Hizbullah Sayyid Hasan Nasrallah mengumumkan bahwa kapal pemuat BBM dari Iran dalam perjalanan menuju Lebanon. Ia juga mengingatkan bahwa kapal-kapal pemuat BBM itu adalah ‘teritori Lebanon,’ sehingga tak boleh diusik siapa pun.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei dan Presiden Iran karena selalu teguh memihak bangsa Lebanon. Sekjen Hizbullah menyatakan, Iran selalu berada di sisi rakyat Lebanon, sama seperti yang dilakukan HIzbullah untuk membebaskan tanah Lebanon.

“Meski Iran berada di bawah embargo dan tekanan, ia tidak pernah meninggalkan para sekutunya. Selama 40 tahun terakhir, Iran tidak pernah mengintervensi urusan internal Lebanon. Keputusan ada di tangan kami sendiri. Tak seperti sebagian pihak, kami bukan boneka atau budak orang lain,”tegasnya.

Sebelum ini, terkait krisis BBM di Lebanon dan peran Washington dalam krisis ini, Sekjen Hizbullah menyatakan,”Ada banyak BBM di Iran yang memenuhi kapal-kapal tanker dan menunggu pembeli…Orang-orang AS bertanggung jawab atas kejadian-kejadian di Lebanon. Mereka mengelola kerusuhan dari kedubes mereka.”

Sayyid Nasrallah memastikan akan mengimpor bensin dan solar dari Iran. Ia pun menegaskan, impor ini tidak dilakukan di tengah kegelapan malam, tapi akan dilakukan secara terbuka di siang bolong. (af/fars)

Baca Juga:

Presiden Iran: Kekalahan AS di Afghanistan, Kesempatan untuk Menghidupkan Perdamaian

Sekjen Hizbullah: AS Khianati Teman-temannya di Afghanistan

DISKUSI: