Rouhani Ingatkan AS Segera Tinggalkan Kawasan Demi Kebaikan AS dan Keamanan Timteng

0
142

Presiden Iran, Hassan Rouhani. Sumber: Presstv

Tehran,Liputan Islam.com—Presiden Iran Hassan Rouhani telah memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk mengakhiri intervensi militernya di Timur Tengah. Ia menyebut langkah ini akan berdampak pada dua hal, pertama untuk kebaikan AS sendiri dan untuk pemulihan keamanan di kawasan.

Krisis yang melanda Timur Tengah saat ini bisa berdampak pada Asia, Eropa, dan bahkan AS sendiri. “Keadaan ini bisa memicu insiden tak terduga,” ucap Rouhani seperti dikutip Presstv pada Rabu (15/1).

Saat ini pasukan AS di kawasan sedang merasa tidak aman, hal yang sama juga bisa menimpa para pasukan Eropa.

“Kembalikan keamanan (wilayah) ini. Kami ingin Anda pergi … bukan dengan perang, tetapi dengan kesadaran untuk melakukannya, “katanya. “Anda akan mendapat manfaat dari keputusan ini. Pergilah ke jalan yang menguntungkan kawasan dan seluruh dunia, ”tambah Rouhani.

Baca: Mantan Perwira CIA Sebut Para Pejabat AS Sebarkan Kebohongan Terkait Soleimani

Rouhani juga meyinggung serangan roket katsuya ke pangkalan militer AS di Irak Utara dan Barat sebagai respon atas serangan AS terhadap Jenderal Soleimani di dekat Bandara Baghdad.

“Kemartiran Jenderal Soleimani tidak akan kami jawab kecuali dengan cara militer, “katanya, mencatat bahwa serangan yang menghantam pangkalan Ain al-Assad di Provinsi Anbar Irak menunjukkan bahwa Iran tidak mundur menghadapi AS dan pasti akan menanggapi serangan mereka. (Fd/Presstv)

DISKUSI: