Putin Sebut Para Pengungsi Suriah Bisa Pulang ke Negara Mereka

0
60

Damaskus,LiputanIslam.com-Presiden Rusia mengabarkan prospek kepulangan sebagian besar pengungsi Suriah ke tanah air mereka.

Dalam perbincangan virtual dengan Presiden Suriah, Bashar Assad, Vladimir Putin mengatakan bahwa fokus terorisme internasional di Suriah praktis sudah musnah. Dengan demikian, para pengungsi Suriah bisa pulang ke negara mereka.

“Kita bersama-sama telah meraih banyak kesuksesan. Pusat-pusat terorisme telah lenyap,”tandas Putin.

Assad pun berharap, hasil pertemuan tentang kepulangan para pengungsi Suriah adalah hal penting. Presiden Suriah menegaskan bahwa masalah pengungsi adalah prioritas pertama Pemerintah Damaskus.

Beberapa waktu lalu, Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova mengumumkan kerjasama negaranya dengan Iran dan Turki, dengan tujuan memajukan perundingan Astana guna mengatasi krisis Suriah.

“Rusia sepakat untuk menjaga proses Astana demi memudahkan penyelesaian krisis Suriah. Rusia memberikan perhatian besar terhadap level kerjasama 3 negara yang menjamin proses ini,”tandas Zakharova.

Dia lalu menyatakan bahwa pertemuan ke-15 Astana akan ditangguhkan. Zakharova berkata,”Kami akan berusaha memanfaatkan jeda paksaan ini dengan sebaik-baiknya.”

Tiga negara Iran, Rusia, dan Turki sejak beberapa tahun lalu memulai perundingan Astana demi mengatasi krisis Suriah, yang akhirnya menelurkan kawasan-kawasan demiliterasi di negara tersebut. (af/fars)

Baca Juga:

Jenderal Israel: Bahaya Terbesar di Golan adalah Iran dan Hizbullah, Bukan Suriah Sendiri

Rusia Umumkan Perjanjian antara Azerbaijan dan Armenia untuk Hentikan Perang

DISKUSI: