Publikasikan Video Shalit, al-Qassam Tunjukkan Ketidakbecusan Israel

0
390

Gaza,LiputanIslam.com-Sayap militer Hamas,Izzuddin al-Qassam pada Minggu (6/6) untuk pertama kalinya memublikasikan klip video Gilad Shalit, mantan tawanan Israel yang kemudian dibebaskan dalam sebuah kesepakatan pertukaran tawanan. Shalit dibebaskan pada Oktober 2011 setelah ditawan pejuang Palestina pada Juni 2006.

Berdasarkan kesepakatan itu, Hamas berjanji untuk menyerahkan Shalit secara tidak langsung, yaitu dengan mediasi Mesir, kepada Israel. Sebagai gantinya, Israel membebaskan lebih dari seribu tahanan Palestina.

10 tahun setelah pembebasan Shalit, al-Qassam memublikasikan bagaimana mereka memperlakukannya selama ditawan di Gaza. Dalam video tersebut, al-Qassam tak lupa menjaga protokol keamanan agar tak seorang pun mengetahui tempat ditawannya Shalit saat itu.

Meski memblokade Gaza dan memiliki fasilitas militer lengkap, Rezim Zionis selama 5 tahun tak mampu mengetahui tempat penahanan Shalit.

Terkait motif al-Qassam memublikasikan video Shalit, Para pengamat berpendapat, selain ingin menunjukkan perilaku manusiawi pejuang Palestina terhadap tawanan musuh, al-Qassam juga ingin mengingatkan ketidakbecusan Israel untuk menemukan para serdadunya yang ditawan. Dengan demikian, Israel mau tidak mau harus tunduk terhadap tuntutan dan syarat-syarat yang diajukan Palestina. (af/fars)

Baca Juga:

Hamas Publikasikan Foto Tawanan Israel, Ini Reaksi Emosional Tel Aviv

Tak Peduli Peringatan Hamas, Polisi Israel Setujui Parade Bendera di Quds

DISKUSI: