Presiden El-Sisi Isyaratkan Kemungkinan Turunnya Pasukan Mesir ke Libya

0
108

Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi. Sumber foto: Republika

Kairo,LiputanIslam.com—Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi  telah mengeluarkan instruksi pada pasukannya untuk bersiap melakukan pertemuran di luar negeri demi melindungi kepentingan nasional negara itu. Seperti dilaporkan Middle East Monitor (Memo) pada Minggu (21/6), instruksi ini disampaikan saat meningkatnya ekskalasi dengan Turki di Libya.

Pada Sabtu kemarin, El-Sisi dilaporkan telah melakukan kunjungan ke pangkalan udara Mesir di dekat perbatasan Libya.

“Bersiaplah melakukan misi apa pun, baik itu di dalam wilayah atau jika perlu, di luar wilayah perbatasan,” ucap el-Sisi kepada beberapa pilot angkatan udara dan sejumlah personel pasukan khusus di pangkalan itu.

Ia menegaskan bahwa militer Mesir adalah salah satu yang terkuat di kawasan. El-Sisi meyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh pasukannya bukanlah ancaman, melainkan upaya untuk melindungi diri. “Inilah setrategi, keyakinan, dan prinsip yang tidak akan pernah kami ubah.” Tegas El-Sisi.

Baca juga: Turki Tolak Deklarasi Mesir, LNA Menguat Lagi dalam Perang Libya

Awal bulan lalu, Mesir telah menyeru diadakannya genjatan senjata di Libya sebagai langkah inisiatif untuk mengajukan dewan pimpinan terpilih di Libya. Rencana ini telah didukung oleh Amerika Serikat (AS), Rusia, UEA. Sementara Jerman menyebut perundingan yang diperantarai PBB adalah kunci menuju proses perdamaian.

Usulan ini ditolak oleh Turki yang menganggap langkah itu hanyalah dalih Mesir untuk menyelamatkan LNA dan jenderal Khalifa Haftar yang telah terdesak akibat kekalahan di Tripoli beberapa waktu lalu. (fd/Memo)

DISKUSI: