Potret Martir Al-Muhandis Hiasi Bandara Internasional Baghdad

0
107

Martir Abu Mahdi Al-Muhandis. Sumber: Al-Alam

Baghdad,LiputanIslam.com—Wakil komandan Hashad al-Sha’abi Irak atau yang juga dikenal dengan PMU/PMF, Abu Mahdi Al-Muhandis, hiasi bandara internasional Baghdad.

Komandan pasukan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan wakil ketua gerakan Hashad al-Sha’abi, Abu Mahdi Al-Muhandis, bersama dengan beberapa orang lainnya meninggal akibat serangan drone Amerika Serikat (AS) di dekat bandara internasional Baghdad pada 3 Januari lalu.

Baca: Kedubes AS di Baghdad Dihantam Roket, Beberapa Orang Terluka

Serangan ilegal AS ini memicu gelombang perlawanan dari Iran dan Irak.

Beberapa hari setelah serangan, Iran membalas dengan merudal pangkalan militer AS di Irak, Ain Al-Assad, dan beberapa pangkalan militer lainnya. Puluhan pasukan AS dikabarkan meninggal dan sebagian luka-luka akibat serangan itu.

Tak hanya itu, rakyat Irak melakukan aksi besar-besaran menentang kehadiran militer AS di Irak, sesuai dengan kesepakatan parlemen Irak.

Hari ini, Kedubes AS di Baghdad diserang. Sumber keamanan di Irak pada Minggu malam (26/1/2020) menyatakan beberapa orang terluka akibat serangan roket yang menerjang kawasan Zona Hijau dan Kedutaan Besar (Kedubes) AS untuk Irak di Baghdad.

Sumber itu menyebutkan sedikitnya tiga orang terluka akibat serangan itu, tapi tidak jelas kewarganegaraan mereka, dan beberapa helikopter dikerahkan untuk mengevakuasi orang-orang yang ada di dalam Kedubes.

Sistem keamanan ekstra ketat diterapkan menyusul serangan itu, dan beberapa jalan yang mengarah ke Kedubes ditutup.(fd/Al-Alam)

Potret martir Abu Mahdi Al-Muhandis di Bandara Baghdad:

DISKUSI: