PNA Dianggap Bertanggung Jawab atas Tewasnya Aktivis Palestina

0
259

Ramallah,LiputanIslam.com-Penangkapan atas Nizar Banat di malam hari dibarengi aksi kekerasan dan penembakan, kemudian pengumuman tewasnya Banat di tangan aparat Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA) telah memicu kemarahan dan gelombang unjuk rasa di Palestina.

Para pengunjuk rasa berkumpul di Ramallah dan al-Khalil (Hebron) serta menyuarakan slogan-slogan anti-PNA. Kondisi keamanan di Tepi Barat dikabarkan dalam keadaan genting. Aparat keamanan di Ramallah dilaporkan bentrok dengan para pengunjuk rasa.

Banyak faksi-faksi Palestina, termasuk Jihad Islami dan Hamas, mengutuk pembunuhan Banat dan menyebutnya sebagai kejahatan.

Jihad Islami dalam statemennya menyebut kejadian itu sebagai teror dan menyatakan, tewasnya Banat menunjukkan seberapa besar ambisi PNA untuk membungkam para penentangnya.

Hamas dalam statemennya menyatakan bahwa PNA bertanggung jawab atas pembunuhan Banat. Al-Mayadeen melaporkan, Hamas menyatakan bahwa komite yang dibentuk PNA dan instansi-instansinya “tidak bisa dipercaya”.

Kelompok ini menyebut PNA sebagai dalang utama pembunuhan aktivis Palestina itu. Hamas juga meminta dari rakyat dan kelompok-kelompok Palestina untuk mengakhiri tindakan-tindakan PNA dan instansi-instansi yang terkait dengannya.

Jubir Badan Keamanan Domestik PNA, Talal Duwaikat pada Kamis lalu mengumumkan, PNA telah memerintahkan pembentukan sebuah komite pencari fakta tentang pembunuhan Banat. (af/alalam)

Baca Juga:

Usai Pertemuan Faksi-Faksi Palestina, Hamas Beri Peringatan Keras terhadap Israel

Aktivis HAM “Tewas Dianiaya”, Petugas Keamanan Otoritas Palestina Bentrok dengan Demonstran

DISKUSI: