Pemerintah Afghanistan Akui Siap Gelar Operasi Militer Berantas Taliban

0
184

Sumber foto: Asia Times

Kabul,LiputanIslam.com—Pemerintah Afghanistan mengaku siap melancarkan operasi militer melawan kelompok militan Taliban usai tawaran pembebasan 1.500 tahanan sebagai syarat negosiasi ditolak oleh Taliban.

Sebelumnya, Presiden Ashraf Ghani Afghanistan menawarkan pembebasan 1.500 tahanan Taliban sebagai langkah awal dilakukannya negosiasi antara pemerintah dan Taliban. Namun tawaran ini ditolak oleh Taliban.

Jubir Taliban, Suhail Shaheen, seperti dilaporkan oleh AFP pada Rabu (11/3) kemarin, mengatakan pemerintah harus membebaskan 5.000 tahanan Afghanistan sebelum negosiasi internal berlangsung.

Namun, Ashraf Ghani hanya akan membebaskan 5.000 tahanan setelah negosiasi berlangsung dan Taliban bisa menjamin untuk tidak melakukan serangan-serangannya.

BacaTaliban Tolak Tawaran Pembebasan Bersyarat dari Pemerintah Afghanistan

Situasi ini membuat masa depan Afghanistan semakin suram. Sebab, kelompok Taliban masih terus melancarkan serangan-serangan sporadis ke arah petugas keamanan pemerintah.

Sediq Sediqqi, jubir pemerintah Afghanistan menyampaikan bahwa pemerintah memberikan batas waktu hingga minggu depan. Jika suasana tak kunjung membaik, Afghanistan memutuskan akan membalas serangan kelompok Taliban.

“Pasukan kami sedang dalam status siaga. Mulai Minggu depan, jika Taliban masih menyerang, maka kami putuskan akan melancarkan balasan,” tegasnya. (fd/Asia Times)

DISKUSI: