Pejabat Iran Sebut Dana Pemerintah yang Sempat Beku di Luar Negeri akan Segera Cair

0
136

Sumber foto: Middle East Monitor

Tehran,LiputanIslam.com—Seorang pejabat Iran mengumumkan pada Jum’at (27/3) lalu, bahwa dana pemerintah Iran yang sempat dibekukan akibat sanksi AS akan segera dicairkan untuk membantu pemerintah menangani penyebaran Covid-19.

“Menyusul penanganan terhadap virus, sebagian dana luar negeri Iran yang sempat dibekukan akan segera cari, namun itu saja tidak akan cukup,” ucap Hishmatallah Falahat Beeshah, anggota Komite Luar Negeri dan Keamanan Nasional Iran.

Menurutnya, AS setuju menangguhkan sanksi untuk sejumlah negara, dan mengizinkan mereka mencairkan warga Iran untuk membantu pemerintah membeli obat-obatan dan perlengkapan guna menangani penyebaran Covid-19.

Baca: Perangi Covid-19, Iran Luncurkan Laboratorium Bergerak

Gubernur Bank Pusat Iran, Abdolnaser Hemmati, mengindikasikan pada Rabu lalu bahwa dirinya telah menerima kabar tentang dicarikannya sejumlah aset Iran yang sempat dibekukan di luar negeri.

Meski begitu, menurut pantauan Middle East Monitor (Memo), Departemen Kenegaraan AS menolak berita ini, terlebih usai Bendahara AS menjatuhkan sanksi terbarunya terhadap beberapa individu dan perusahaan Iran yang dituduh memiliki hubungan dengan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC). (Fd/Memo)

DISKUSI: